Sesi Pembukaan

Jennifer Adams.
Acting Assistant Administrator for Global Health, USAID, and Ketua Steering Committee Forum 2017 ini.

jenniTahun lalu, 2016, forum ini membahas mengenai mobilisasi resources. Saat ini di tahun 2017, kita akan menekankan bahwa dana yang ada harus dibelanjakan secara efisien. Tahun ini kita membahas bagaimana inovasi-inovasi dan berbagai hal yang mungkin kontroversial mengenai efisiensi dalam pelayanan kesehatan. Diharapkan efisiensi akan meningkatkan akses.

“Why efficiency matters?”

Pembelian pelayanan kesehatan sangat perlu karena pemerintah mempunyai banyak pilihan dalam membelanjakan pelayanan kesehatan. Sistem kesehatan harus berada dalam situasi yang baik untuk mendapatkan value yang diinginkan. Negara harus menambah anggaran kesehatan, namun di sisi lain juga harus produktif dan menambah efek untuk pelayanan kesehatan. Ini dapat dilihat dari kebijakan dalam meningkatkan insentif untuk efisiensi; bagaimana hubungan antara kelompok di kementerian keuangan dengan kesehatan dapat duduk dan melakukan diskusi bersama. Apa yang kita perlu lakukan adalah bagaimana pakar ekonomi dan profesional kesehatan dapat diskusi bersama. Ini penting agar ada pemahaman bersama.

Apa yang USAID harapkan dalam pertemuan ini? Pertama adalah mendukung partner pemerintah untuk meningkatkan akses terhadap mutu pelayanan kesehatan dalam situasi pembiayaan yang sulit. Mobilisasi resources perlu kita lakukan terus. Kita sadari bahwa budget kesehatan dipengaruhi banyak pihak. USAID juga mendorong agar cakupan kesehatan harus mampu didapatkan banyak pihak dan bersifat adil (equity). Bagaimana pelayanan kesehatan dapat terjangkau (affordable) dan dinikmati semua orang. Disamping itu bagaimana potensi private sector, perlu dikembangkan. Pertemuan ini juga diharapkan dapat memicu perkembangan teknologi, data dan banyak hal terkait untuk peningkatan efisiensi.

Semoga semua program dapat berjalan baik.

Keith Hansen. Wapres,
Human Development Global Practice Group, World Bank Group, US

keithGerakan untuk mencapai UHC semakin banyak, bahkan tahun ini jumlahnya meningkat. Demanduntuk pertemuan ini semakin besar. Saat ini kita sudah akan melihat UHC 2030. Besok akan dibahas mengenai Healthy System for UHC. December untuk UHC day akan dijalankan di Jepang untuk kegiatan ini. Tahun 2017 ini merupakan penting untuk UHC.

Disamping ada berbagai momentum, tantangan pendanaan ini masih sangat banyak. Masih banyak yang dibutuhkan untuk pengembangan pelayanan kesehatan. Billion dolar besarnya. Bagaimana cara untuk mendapatkan dana untuk UHC merupakan hal yang sangat penting. Namun yang penting dana yang ada saat ini perlu dibelajakan secara bijaksana.

Bagaimana mencari sumber inefisiensi dalam pelayanan kesehatan akan dibahas pada pertemuan 2 hari ini. Kalau kita bisa mencari sumber inefisiensi akan sangat banyak jumlahnya. Kira-kira 20-40 persen dari anggaran kesehatan disia-siakan di pelayanan kesehatan. Tugas kita adalah bagaimana mencari cara untuk melakukan perbaikan. Di sini bagamana kita mencari kerjasama lintas sektoral. Kemajuan dalam kesehatan tergantung pada sektor lain. Jadi kita perlu pengembangan multi-sektoral untuk kesehatan. Selamat mengikuti.

Christoph Kurowski.
Global Lead, Health Financing. World Bank Group US

Pembicara ketiga menggunakan slide untuk memulai paparannya.

fiscalEfisiensi merupakan satu hal kunci dalam lingkaran komponen fiscal space. Pertemuan Forum 1 pada tahun 2016 telah mengidentifikasi adagap financingyang perlu dicari untuk pelayanan kesehatan. Banyak faktor yang mempengaruhi fiscal space. Di sisi lain, ada in-efficiency seperti yang terdapat pada slide.

materi presentasi 

 

 

 

 

Dengan mengurangi waste ini akan terdapat pembiayaan yang lebih bisa dipakai untuk kegiatan kesehatan lainnya. Namun sumber waste banyak sekali dan dapat menghabiskan dana besar seperti yang ada di slide berikut:

slide

Tapi pengeluaran rendah juga menjadi sumber inefisiensi. Misal; pengeluaran out-of-pocket yang tinggi. Kekurangan economis of scale, pengeluaran besar pada pelayanan-pelayanan yang mahal/kompleks, sampai berbagai disharmonisasi peraturan.

“Apa itu efficiency?”

Doing the right things, in the right place, in the right way. Tidak ada formula yang jelas untuk ini. Yang menarik banyak tantangan untuk efisiensi. Mengapa? Karena tidak ada yang menjadi pemenang jelas kecuali masyarakat.

Pembicara menutup dengan berbagai pernyataan menarik. Untuk meningkatkan efisiensi, perlu mengembangkan kemampuan strategic purchasing yang terkait dengan: mengidentifikasi manfaat secara spesifik, melakukan kontrak, mengelola pembayaran untuk pemberi pelayanan sampai monitoring program dengan baik.

Silahkan klik untuk membaca reportase terkait:

  

 

 

 

Comments   

# FirstSophie 2017-11-21 09:10
I see you don't monetize your blog, don't waste your traffic,
you can earn extra cash every month because you've got high quality
content. If you want to know how to make extra $$$, search for: Boorfe's tips best adsense alternative
Reply

Add comment


Security code
Refresh