Peringati Hari Kanker Anak Internasional, YOAI Menggelar “Gold Parade 2017”

Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) menggelar “Gold Parade” campaign, Minggu, 19 Februari 2017, di FX Sudirman, Jakarta Selatan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Internasional (HKAI) yang jatuh setiap tanggal 15 Februari.

“Gold Parade” campaign diisi dengan beragam kegiatan seperti Fun Walk, Senam, Lomba Menggambar dan Mewarnai, pemeriksaan kesehatan gratis, serta dimeriahkan dengan penampilan Band NIDJI, Duta Cinta, Sheryl dan beberapa DJ terkenal.

Sebanyak 2000 peserta kampanye dilepas oleh oleh Menteri Kesehatan, Nila Djuwita pagi itu, tampak hadir pula Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saipul Hidayat, dan Ketua YOAI, Rahmi Adi Putra Tahir.

Menkes Nila Djuwita menjelaskan, kegiatan ini selain bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker pada anak, juga untuk meluruskan kesalahpahaman yang masih banyak ditemui terkait penyakit kanker. Antara lain adalah anggapan bahwa kanker pada anak tidak dapat disembuhkan.

“Padahal sebenarnya kanker pada anak dapat disembuhkan, asalkan ditemukan dalam kondisi stadium awal,” ujar Menkes.

“Di event ini, YOAI melibatkan survivors kanker anak (Cancer Buster Community) yang di masa kecilnya sakit kanker, namun sekarang sudah sembuh. Disamping itu, kami juga ingin agar anak-anak ini tidak sekedar sembuh, namun bisa produktif dan menjalani kehidupan yang bermakna”, imbuh Menkes.

YOAI tercatat sebagai salah satu bagian dari komunitas survivor kanker anak Cancer Buster Community (CBC) dan juga anggota Cildhood Cancer International (CCI) yang beranggotakan sebanyak 181 organisasi yang tersebar di 90 negara. Saat ini, CCI diseluruh dunia secara serentak bersama-sama menyuarakan suara melawan kanker pada anak di peringatan HKAI 2017, program ini di dukung lebih dari 1000 anggota SIOP, anggota UICC dan anggota IPPCN (International Pediatric Palliative Care Network).

Dengan tema “Gold Parade 2017”, YOAI mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam merayakan HKAI, serta turut serta mengkampanyekan makna dari Gold Ribbon sebagai lambang Kanker Anak. Gold (Emas) merupakan warna resmi yang diakui secara Internasional untuk kepedulian terhadap kanker anak, merupakan simbol keberanian dari seluruh pahlawan kecil dan remaja, yang saat ini sedang berjuang melawan kanker.

Kampanye Lagu “We Are One”

Pada peringatan HKAI tahun ini, CCI menghimbau agar seluruh anggotanya mengkampanyekan lagu “We Are One” dengan versi dari negara masing – masing. Lagu yang dilaunching pada tahun lalu ini bertujuan untuk menghormati seluruh anak di dunia, khususnya mereka yang sedang berjuang melawan penyakit kanker.

Pada penyelenggaraan di FX Sudirman, “We Are One” menjadi tema ini yang diusung dalam penyelenggaraan lomba menggambar dan mewarnai. Menurut Nunuk (Bid.Pengabdian Masyarakat YOAI) lomba ini diikuti sebanyak 65 peserta, dan terbagi dalam 2 kategori, untuk usia anak dibawah 6 tahun dan kategori usia dibawah 5 tahun.

“Untuk pemenang sendiri ditentukan berdasarkan karya yang mendekati tema” terang Nunuk.

http://www.pewarta-indonesia.com/