Bali Tempat Pertemuan Menteri Asia Timur Bahas Sanitasi

Jakarta - Indonesia menjadi tuan rumah seminar internasional bidang kesehatan. Kali ini adalah konferensi 3rd East Asia Ministerial Conference on Sanitation and Hygiene (EASAN-3) yang akan digelar di Bali, mulai 10-12 September 2012 besok.

Pertemuan EASAN-3 mengagendakan komitmen dan usaha mencapai target MDG, memperkuat kerjasama diantara negara-negara Asia Timur dan regional lainnya, menggali sumber pendanaan untuk pembangunan sanitasi dan memperkuat upaya mengarahkan negara Asia Timur mencapai target MDG's.

"EASAN-3 merupakan pertemuan dua tahunan Menteri di bidang sanitasi dan higiene negara Asia Timur," tutur Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes, Wilfried H Purba di Kementerian Kesehatan, belum lama ini.

Rencananya, acara ini dihadiri para menteri kesehatan dari negara-negara Asia Timur seperti Kamboja, Mongolia, Myanmar, Malaysia, Thailand, dan Timor Leste. Konferensi dua tahun sekali ini digelar untuk kali pertama di Beppu, Jepang dan Manila.

"Deklarasi Manila menekankan kerjasama negara-negara regional Asia Timur dalam pencapaian target MDG bidang sanitasi. Untuk deklarasi Bali nanti akan lebih membahas action plan yang lebih detail dalam usaha pencapaian MDG tahun 2015 dan upaya sesudahnya," tuturnya. (tribunnews.com)