Pertemuan Pakar: Memperkuat Kapasitas Peneliti dan Pengambil Kebijakan dalam Health Policy and System Research (HPSR)

GENEVA2

WHO memiliki satu kelompok menarik yaitu Alliance for Health Policy and Systems Research. Penguatan kapasitas peneliti dan pengambil kebijakan adalah satu dari tujuan strategis Alliance for Health Policy and Systems Research. Pada Kamis dan Jumat tanggal 13 dan 14 November 2014, dilakukan pertemuan para pakar untuk membahas penguatan ini. Tujuan Temu Pakar antara lain:

  1. Meninjau kembali pemetaan tentang lembaga-lembaga dan kegiatan HSPR yang ada dan mendiskusikan inisiatif yang sedang berlangsung dalam penguatan kapasitas peneliti dan pengambil kebijakan oleh para pakar.
  2. Mengidentifikasi kesenjangan dalam pendekatan-pendekatan yang ada dan yang sedang berlangsung untuk penguatan kapasitas HPSR.
  3. Membahas dan membuat rekomendasi mengenai wilayah kerja yang dapat ditangani oleh Aliansi, target audiens dari usaha ini serta strategi/pendekatan pelaksanaan yang mengoptimalkan peran Aliansi, posisinya di WHO, dan sumber daya yang dibutuhkan.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 20 peserta dari Asia, Afrika, Amerika, Timur Tengah. Dari Asia, Prof. Laksono Trisnantoro merupakan salah satu peserta yang diundang dalam pertemuan tersebut. Ada dua dokumen penting mengenai pemetaan pelatihan HSPR dan lembaga serta network di dunia, yang dapat disimak, untuk lebih memahami tujuan pertemuan di Geneva, Silakan klik di bawah ini.

Pemetaan Global mengenai pelatihan-pelatihan untuk HSPR.

Pemetaan Global untuk lembaga dan jaringan yang aktif dalam HSPR.

Reportase hasil pertemuan selama dua hari di Geneva ini dapat anda simak pada link berikut

  REPORTASE