Pesan - Pesan Utama Dalam Buku

22 April 2019

Laporan ini didasarkan pada Database Pengeluaran Kesehatan Global WHO untuk 2000-2015. Ada berbagai kelebihan kerangka klasifikasi pengeluaran kesehatan baru yang mengungkapkan wawasan baru ke dalam pola dan tren pengeluaran kesehatan global di laporan ini.

 

 

 

 

 

1. "Ekonomi kesehatan" tumbuh lebih cepat daripada ekonomi global, tetapi pengeluarannya tidak merata.

  • Pada 2015, sistem kesehatan dunia membelanjakan 7,3 triliun, mewakili hampir 10% dari PDB global. Antara 2000 dan 2015, tingkat pertumbuhan tahunan dalam pengeluaran kesehatan adalah 4% sedangkan tingkat pertumbuhan ekonomi adalah 2,8% .
  • Pengeluaran kesehatan di seluruh dunia masih tidak setara: lebih dari 80% populasi dunia tinggal di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tetapi hanya menyumbang sekitar 20% dari pengeluaran kesehatan global.
  • Pengeluaran kesehatan rata-rata global per kapita adalah 1.011 USD, tetapi separuh negara di dunia menghabiskan di bawah 366 USD per kapita. Pada 2015, hampir 50 negara dengan populasi 2,7 miliar membelanjakan kurang dari 100 USD per kapita untuk kesehatan.

2. Pembiayaan publik (pemerintah) domestik adalah sumber utama pengeluaran kesehatan.

  • Sejak 2000 hingga 2015, pendanaan domestik pemerintah sebagai bagian dari pengeluaran kesehatan meningkat dari 66% menjadi 70% di negara-negara berpenghasilan tinggi; meningkat dari 48% menjadi 51% di negara-negara berpenghasilan menengah; tapi turun dari 30% menjadi 22% di negara-negara berpenghasilan rendah.
  • Sementara itu, sebagian besar negara dengan kebijakan asuransi kesehatan sosial mendanai pengeluaran kesehatan dari campuran kontribusi pengusaha serta karyawan tradisional, dan transfer dari pemerintah.

3. Bantuan pembangunan di bidang kesehatan dari luar negeri kecil dibandingkan dengan pengeluaran kesehatan secara keseluruhan. Tetapi tetap penting untuk negara-negara berpenghasilan rendah.

  • Bantuan pembangunan dari luar negeri untuk kesehatan pada 2015 melebihi 19 miliar USD, atau kurang dari 0,3% dari pengeluaran kesehatan global. Besaran rata-rata sumber daya eksternal dalam pengeluaran kesehatan di 31 negara berpenghasilan rendah, melebihi 30% pada 2015.
  • Sumber daya eksternal sebagai persentase pengeluaran kesehatan meningkat selama 15 tahun terakhir sementara komponen pengeluaran pemerintah justru menurun di negara-negara berpenghasilan rendah.

4. Pembiayaan kesehatan meningkat untuk meningkatkan akses ke layanan dan perlindungan keuangan.

  • Ada hubungan kuat antara meningkatnya pendanaan publik dan berkurangnya ketergantungan sistem pada pembayaran langsung dari kantong sendiri (out of pocket).
  • Pada 2015 dibandingkan dengan 2000, ada 1 miliar lebih sedikit orang yang tinggal di negara-negara dimana pengeluaran outofpocketmelebihi 50% dari pengeluaran kesehatan.

5. Data pengeluaran kesehatan global diakui sebagai barang publik yang berharga.

  • Data ini dapat mendukung dialog kebijakan dan pengembangan kebijakan.
  • Data ini dapat berkontribusi pada peningkatan transparansi dan akuntabilitas untuk pengeluaran kesehatan di tingkat global, regional, nasional dan sub-nasional.

 

Link Terkait

Comments   

# Riska 2019-04-27 00:43
pesen buku dalam bahasa indonesia
Reply

Add comment


Security code
Refresh