Menuju Indonesia Cinta Sehat

HARI Kesehatan Nasional (HKN) ke-49 tahun 2013 mengambil tema Indonesia Cinta Sehat, serta subtema "Menuju Indonesia Sehat dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang Bermutu". Lantas, apa yang menjadi perhatian utama di HKN tahun ini?

Sekretaris Jenderal Kemenkes, dr. Supriyantoro, Sp.P,MARS mengatakan bahwa ada dua hal yang menjadi perhatian di HKN ke-49. Ia mengatakan bahwa pemerintah ingin tema Indonesia Cinta Sehat dijabarkan dalam bentuk pola hidup bersih dan sehat.

"Pertama, kita ingin bahwa Indonesia Cinta Sehat yang dijabarkan dalam bentuk pola hidup bersih dan sehat betul-betul menjadi budaya seluruh masyarakat, Bahkan sudah dimulai sejak masa di dalam kandungan sampai kepada remaja, dewasa dan seterusnya,"ujar dr. Supriyantoro pada Konferensi Pers dalam rangka peringatan HKN ke-49 tahun 2013, di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2013).

Selanjutnya yang kedua, menurut dr. Supriyantoro, jelang Jaminan Kesehatan Nasional pada Januari 2014 maka diharapkan HKN menjadi salah satu persiapan akhir. Selain itu, ia mengatakan bahwa pemerintah juga melakukan monitoring ke berbagai wilayah di Indonesia.

Tujuan melakukan monitoring tersebut adalah untuk lebih memastikan lagi masyarakat mengerti bagaimana Jaminan Kesehatan Nasional, apa manfaatnya, dan apa kewajibannya, demikian juga kesehatan-kesehatan yang lain.

"Mulai dari kesehatan penyelenggaranya, kesehatan fasilitas kesehatannya dan berbagai kendala-kendala yang mungkin dihadapi, karena pada Januari nanti tidak mungkin semua akan beres, pasti ada berbagai kendala, dan secara bertahap kendala itu bisa kita atasi,"tandasnya. (ind)

sumber: health.okezone.com