Rencana Kegiatan
Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia.

September – Desember 2014

Website: www.kebijakankesehatanindonesia.net

  Pengantar

Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia (JKKI) saat ini sudah berada pada tahun ke V. Jaringan ini bersifat, dengan anggota Unit yang terkait dengan penelitian dan pengembangan kebijakan kesehatan di perguruan tinggi, lembaga penelitian di Departemen, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan lembaga pelayanan kesehatan. Jaringan yang bersifat longgar ini akan menyelenggarakan pertemuan tahunan ke V di Bandung pada tanggal 23 – 24 September 2014. Tujuan utama Jaringan ini adalah menghimpun kekuatan bersama dari para peneliti, dosen, dan ahli kebijakan menuju Indonesia yang lebih sehat melalui berbagai kegiatan antara lain:

  1. menyelenggarakan Forum Nasional Kebijakan Kesehatan Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun;
  2. menyelenggarakan berbagai pelatihan dalam penelitian kebijakan, penyusuan policy brief, sampai ke teknik advokasi;
  3. melakukan penelitian kebijakan kesehatan, penyusunan rekomendasi kebijakan, dan penyampaian hasil penelitian/rekomendasi ke pengambil kebijakan secara sendiri-sendiri atau bersama.

Pola kegiatan yang dilakukan oleh Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia adalah menyusun berbagai Kelompok Kerja dalam berbagai topik kebijakan kesehatan. Di dalam Kelompok Kerja ini dilakukan kegiatan antara lain:

  1. Menyelenggarakan riset kebijakan yang dilakukan oleh para anggota;
  2. Melakukan kerjasama penelitian bersama antar anggota;
  3. Melakukan penulisan Policy Brief dan artikel kebijakan;
  4. Melakukan kegiatan policy influence untuk mempengaruhi pengambil kebijakan di pemerintah pusat dan daerah.

Di setiap Kelompok Kerja akan ada kegiatan yang dikonsolidasikan dan direncanakan pada saat pertemuan Nasional. Untuk menjaring minat anggota, kegiatan dilakukan dalam model Blended yaitu campuran antara Tatap Muka dan berbasis Web. Dengan model Blended, biaya dapat ditekan dan pengembangan serta komunikasi diharapkan dapat efisien, dengan menggunakan fasilitas di www.kebijakankesehatanindonesia.net. Web ini berfungsi sebagai forum komunikasi, penyebaran ilmu, dan pelatihan bagi para anggota JKKI.

 

  Agenda kegiatan di bulan September – Desember 2014

Tahun 2014 ini agenda yang akan dilakukan adalah:

  1. Agustus – September 2014: Persiapan Pertemuan Nasional di Bandung.
    Mulai tanggal 11 Agustus 2014 akan dilakukan count-down untuk pertemuan di Bandung.
    Persiapan meliputi:
    1. Pembahasan awal tema yang akan dibahas di Bandung;
    2. Persiapan untuk pelaksanaan di Bandung
    3. Persiapan untuk penulisan Policy Brief dan siapa saja yang akan diberi rekomendasi.
  2. Awal September 2014: Bedah buku mengenai Kebijakan Kesehatan yang ditulis oleh Dr. Dumilah Ayuningtyas dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI.
  3. 24 – 25 September 2014:Pertemuan Nasional di Bandung dengan penyelenggara Universitas Padjadjaran bekerjasama dengan Kemenkes, DFAT(d/h AusAid), dan IDRC. Kegiatan berupa penguatan Kelompok Kerja (Working Group). Di Pertemuan Bandung akan ada 7 Kelompok Kerja yang akan aktif, yaitu:
    1. Kebijakan dan Pembiayaan Kesehatan
    2. Kebijakan Pendidikan Tenaga Kesehatan
    3. Kebijakan Gizi
    4. Kebijakan Pelayanan Kesehatan (khususnya Pelayanan Primer)
    5. Kebijakan Kesehatan Ibu dan Anak
    6. Kebijakan AIDS
    7. Kebijakan Kesehatan Jiwa Masyarakat.
      Silahkan klik di sini rencana kegiatannya.
  4. 26 September 2014: Workshop Penyusunan Policy Brief di Bandung dan persiapan untuk memberi masukan ke Kabinet Baru Presiden Terpilih.
  5. 29 September – 4 Oktober 2014: Sebagian anggota jaringan (minimal 6 orang) mengikuti pertemuan di Health Policy Alliance di Cape Town, Afrika Selatan. Pertemuan ini sangat relevan untuk pengembangan di Indonesia. Silahkan klik untuk melihat acara yang ada http://hsr2014.healthsystemsresearch.org 
    Dalam pertemuan ini akan dilakukan proses penyebaran hasil kegiatan secara langsung tiap hari, dan berbagai follow-up kegiatan yang relevan untuk dilakukan di Indonesia, termasuk Diskusi.
  6. Oktober 2014:
    Mengikuti Studi Banding ke berbagai Pusat Penelitian Kebijakan di luar negeri di Tiongkok dan Tanzania. Hasil kegiatan ini akan dilaporkan untuk pemahaman lebih lanjut mengenai fungsi lembaga penelitian dalam perumusan kebijakan.
    Mengembangkan materi untuk policy influence ke Pemerintahan yang baru di setiap Kelompok Kerja:
    1. Pelatihan mengenai Stakeholders analysis
    2. Pelatihan proses policy Influence
    3. Pelatihan mengenai bagaimana mengarahkan hasil ke pengambil keputusan.
    4. Pelatihan teknik berdebat dan argumentasi.
  7. Oktober 2014: Memberikan berbagai Policy Brief untuk pemerintah yang baru.
  8. November 2014: Mengikuti Health Policy Alliance Workshop di Geneve. Hasil dari workshop akan dilaporkan ke seluruh anggota.
  9. Desember 2014: Monitoring JKN tahun 2014 melalui Virtual Teleconference. Akan dilakukan kegiatan Konferensi Monitoring Jaringan dengan menggunakan Teleconference di website www.kebijakankesehatanindonesia.net Kegiatan akan dilakukan selama 3 hari dengan pembicara dari berbagai Propinsi. Dana berasal dari 10 Perguruan Tinggi, dan IDRC.

Demikian pengumuman dari kami. Untuk mengikuti berbagai perkembangan mengenai kebijakan kesehatan, silahkan klik di www.kebijakankesehatanindonesia.net  Setiap minggu akan ada perubahan baru.