Welcome Plenary:
Resilient People, Responsive Health System?

hsr14-4

Malam ini diselenggarakan acara penyambutan acara Simposium Global ke-empat Penelitian Sistem Kesehatan.
Acara penyambutan diawali dengan sambutan dan doa dari tetua suku Indian yang merupakan penduduk asli Vancouver. Acara dilanjutkan oleh tari-tarian tradisional Indian yang bersifat sangat interaktif karena melibatkan para peserta simposium yang tertarik untuk ikut menari.

Tema dari acara penyambutan adalah Resilient People, Responsive Health System? yang berupaya menyoroti perspektif holistik mengenai well being yang dimiliki oleh masyarakat asli suatu wilayah dan bagaimana hal itu seharusnya dipertimbangkan dalam memahami sistem kesehatan secara keseluruhan di suatu negara (yang khususnya memiliki penduduk asli).

Pesan utama yang hendak disampaikan oleh pembicara adalah bahwa pasien dan masyarakat jauh lebih penting daripada data dan statistik. Peneliti dan pembuat kebijakan perlu melihat melampaui angka, rasio dan proporsi, karena di balik setiap angka dalam statistik adalah seseorang yang memiliki cerita hidupnya sendiri, yang status kesehatannya sangat dipengaruhi oleh determinan sosial, yang hidup di dalam konteks yang berbeda yang terkadang membatasi pilihan-pilihan yang dapat dibuatnya.

Sistem kesehatan seharusnya melakukan transformasi dengan menghormati pula kearifan lokal terkait perspektif kesehatan yang lebih holistik. Sistem kesehatan pada umumnya lebih terfokus pada pengobatan orang sakit: sistem ini membelanjakan begitu banyak uang untuk tenaga kesehatan, obat dan peralatan diagnostik dan treatment setelah orang tersebut sakit; namun kurang membelanjakan untuk mencapai dan menjaga well being.

Reportase Terkait

Add comment


Security code
Refresh