xvideos spankbang watchfreepornsex foxporn pornsam pornfxx porn110

Workshop Hari Ketiga
The Knowledge Sector " Developing Influential Think Tanks in Indonesia"

Jakarta, 4 Oktober 2012

Reportase Hari I  Reportase Hari II Reportase Hari III

Diskusi Kelompok I : Discussion and Reflections on the Last Day

Pada hari ketiga acara workshop diawali dengan kegiatan mereview kembali mengenai lembaga think tank. Hal ini dilakukan untuk mendengarkan pendapat dari juru bicara setiap kelompok diskusi. Tujuan dari diskusi ini adalah

  • Refleksi untuk pelajaran dan pembelajaran dari hari terakhir acara pada jangka menengah tertentu
  • Mendorong peserta untuk aktif berinteraksi pada kegiatan refleksi grup ini

Diskusi Kelompok II : Visioning Indonesia's Think Tanks of the Future

tbusanaSesi Peragaan BusanaPada sesi diskusi ini diadakan peragaan busana. Setiap kelompok telah merancang sebuah model think tanks yang competible dengan tujuan untuk merancang think tanks yang ideal. Kegiatan menjadi menarik ketika sang model memperagakan busana dan perangcangnya. Setiap kelompok akan menjelaskan setiap detail dari rancangan busananya. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa think tanks yang berkualitas perlu fokus,yang professional, memiliki jaringan mitra yang luas serta bisa beradaptasi dengan tantangan sekitar.

Tujuan dari diskusi ini adalah mengidentifikasi kekuatan think tanks Indonesia di masa mendatang dan tentang kaitannya dengan masa depan di mana think tanks Indoneisa akan dijalankan. Tantangan dan kesempatan yang akan mereka hadapi, dan melihat apa yang akan grup lihat mengenai aturan dari thinks tanks pada situasi lingkungan ini.

Diskusi Grup III : Change for Engagement: What Needs to Happen for Indonesian Think Tanks to Succesfully Indonesian Public Policy?

Pada diskusi selanjutnya setiap kelompok mendiskusikan mengenai gambaran thinks tanks Indonesia di masa depan. Adapun hal-hal yang menjadi fokus diantaranya :

  • Visi
  • Sasaran
  • Produk
  • Sumber Daya
  • Komunikasi
  • Biaya
  • Harapan
  • Hasil

Setelah kegiatan diskusi maka dilakukan presentasi dengan sistem berputar per tiga meja, yaitu untuk perputarannya terbatas pada kelompok 1,2,3 ; 4,5,6 ; dan 7,8,9. Saat perputaran, setiap meja meninggalkan dua representatif dan anggota lainnya memutar pada meja selanjutnya dan bertanya pada meja yang dikunjunginya tentang berbagai hal tentang rancangan think tanks tersebut hingga selesai. Langkah selanjutnya adalah melakukan sharing antara peserta kelompok, menceritakan kembali pengalaman peserta ketika berkunjung ke kelompok lain.

Tujuan dari kegiatan diskusi ini adalah mendiskusikan dan mengidentiifikasi think tanks Indonesia memiliki posisi yang lebih baik bagi mereka sendiri dan membantu untuk mempengaruhi kebijakan publik di Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan workshop yang disebut juga clinic. Setiap peserta hanya boleh memilih satu saja dari setiap sesinya. Think tanks clinic terbagi menjadi dua sesi dan setiap sesi terdapat tiga clinic, yaitu :

Sesi Think Tanks Clinic Part 1 : Research and Writing Skills

  1. Think Tanks Clinic A : How To Write a Good Research Proposal
    Membahas mengenai bagaimana membuat proposal penelitian yang baik, juga mencakup topik menulis proposal penelitian dan trik bekerjasama dengan banyak lembaga donor
  2. Think Tanks Clinic B : How to Write a Good Policy Brief
    Membagi pengalaman, pelajaran dan ketrampilan secara praktis untuk membuat kebijakan publik yang ringkas, mengapa kebijakan yang ringkas tersebut dapat membantu, dan proses dibalik pengembangan kebijakan yang ringkas
  3. Think Tanks Clinic C : How to Set a Research Agenda
    Membagi pengalaman, pelajaran dan ketrampilan secara praktis untuk membuat riset agenda yang baik. Sesi ini akan mencakup topik seperti mengapa agenda penelitian begitu penting, apa saja proses yang dilalui untuk terlibat di dalam mendesain agenda penelitian dan apa yang menjadi penting dari isu yang ada untuk membuat agenda penelitian.

Sesi Think Tanks Clinic Part 2 : Communication and Engagement

  1. Think Tank Clinic A : Producing a Useful Communication Strategy
    Membagi pengalaman, pembelajaran dan ketrampilan secara praktis untuk membangun suatu bentuk strategi komunikasi yang baik. Sesi ini akan mencakup topik seperti proses dari membangun strategi komunikasi dan tantangan serta keuntungan dari meluangkan waktu untuk melakukan strategi yang baik dalam berkomunikasi
  2. Writing in the Media
    Membagi pengalaman, pembelajaran dan ketrampilan secara praktis untuk terampil menulis di media. Pembelajaran ini mencakup tantangan dan keuntungan ketika kita menulis di media, apa kegunaan dari menulis di media dan dan bagaimana hal tersebut dapat membantu menjembatani pesan kita.
  3. Linking with Policy Makers
    Membagi pengalaman, pembelajaran dan ketrampilan secara praktis saat terlibat aktif dengan pembuat kebijakan. Sesi ini mencakup cara-cara untuk terlibat di dalam pembuat kebijakan, tantangan dan keuntungan dengan keterlibatan pembuat kebijakan dan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk membangun relasi dengan yang baik dengan pembuat kebijakan.

Seluruh kegiatan ditutup dengan diskusi panel yaitu untuk menemukan konklusi dan evaluasi kegiatan tersebut dan sesi penutupan.

TIME

TOPIC

EXPLANATION

08.30-09.00

Recap and Review of Day 1

 

09.00-10.30

Visioning Indonesia’s Think Tanks of the Future

 

10.30-11.00

Coffee


11.00-12.30

Change for Engagement:
What Needs to Happen for Indonesia’s Think Tanks to Successfully Influence Indonesian Public Policy

At the end of this session, AusAID will be invited to respond to results of group discussions

12.30-13.30

Lunch

13.30-15.00

Think Tank Clinic 1:
Research and Writing Skills

  1. Writing a Research Proposal
  2. Writing a Policy Brief
  3. Setting a Research Agenda

Participants to choose practical skills area they are most interested in learning more about.

15.00-15.30

Coffee

15.30-17.00

Think Tank Clinic 2:

Communication and Engagement

  1. Producing a useful communication strategy
  2. Writing in the media
  3. Linking with policy makers

Same as above

17.00-17.30

Participants Reflections

Participants to share reflections of the workshop – what was interesting? What did they learn? What are they going to do differently? Hopes for other shared-learning opportunities?

17.30

Closing Remarks