Hasil Penting Penelitian Kebijakan Evaluasi JKN 2019 di Provinsi NTT

Topik Equity

Pemerataan pelayanan kesehatan belum tercapai di Provinsi NTT dan berpotensi memperbesar gap kesenjangan di Provinsi NTT di masa yang akan datang.
Pemenuhan supply side bagi daerah-daerah seperti Provinsi NTT agar pemerataan pelayanan kesehatan berkeadilan sosial di era JKN tercapai.

Lebih detil silahkan klik ARTIKEL

 

Topik Mutu

Kebijakan pencegahan kecurangan dan KBK yang diterapkan di era JKN masih belum mampu untuk meningkatkan mutu layanan di daerah. BPJS Kesehatan perlu melihat kembali kedua kebijakan ini dan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk mendapatkan dukungan.

Lebih detil silahkan klik ARTIKEL

 

Topik Tata Kelola

Aspek tata kelola JKN di Provinsi NTT belum berjalan seperti yang diharapkan dalam roadmap JKN. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti pembentukan regulasi yang belum sinergis, lemahnya koordinasi antara stakeholder, dan keterbatasan akses data JKN oleh pemerintah daerah. Perlu adanya perbaikan tata kelola dari BPJS Kesehatan sebagai lembaga penyelenggara JKN agar mampu meningkatkan kepercayaan dari pemerintah provinsi NTT terhadap program ini dan mendukung perencanaan pembangunan program kesehatan di daerah.

Lebih detail silahkan klik  ARTIKEL

 

 

Pengembangan Dashboard di dukung oleh Knowledge Sector Initiative dan
Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FKKMK UGM ©2024

Search