Modul 3

Bagian II: Mengindentifikasi isu-isu kebijakan yang paling mendesak/menjanjikan dan strategi potensial untuk mengatasinya.

Sekarang kajian sektor kesehatan kita sudah selesai, kita akan berpindah ke tahap strategi berikutnya: mengidentifikasi isu-isu kebijakan publik-swasta yang paling mendesak/menjajikan dan strategi potensial apa saja untuk mengatasinya. Bagian 2 biasanya dilakukan oleh masing-masing direktorat/sub-direktorat yang mempertimbangkan untuk terlibat dengan sektor swasta.

Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab (gunakan satu atau dua paragraph untuk menjawab setiap pertanyaan, dan tambahkan refensi jika tersedia):

  1. Sejauh mana saat ini kita bekerja dengan sektor swasta (contoh: mengontrak, menggunakan tanggung jawab sosial perusahaan)?
  2. Apakah ada infrastruktur yang membantu, atau suatu hambatan untuk perkembangan sektor swasta? (contoh: regulasi? Kebutuhan empanelment, subsidi pemerintah?)
  3. Apakah para penyedia sektor swasta dianggap sebagai kesempatan atau sebagai ancaman?
  4. Apakah ada reformasi besar kesehatan yang sedang dijalankan, atau diramalkan, yang akan memiliki dampak kuat terhadap peran dari sektor swasta dalam kurun waktu 5 – 10 tahun? Jika ada, jelaskan secara singkat.
  5. Apakah pemerintah memiliki kebijakan formal dalam swastanisasi dan atau KPBU (kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha) dari fasilitas layanan kesehatan? Jika ya, jelaskan secara singkat.
  6. Apakah hambatan formal ada yang mempengaruhi dalam membangun atau mengatur entitas sektor swasta di dalam persediaan layanan kesehatan? (contoh: larangan bagi inverstor asing untuk investasi langsung, batasan dalam kepemilikan, batasan minimal investasi modal, dll.) jika ya, jelaskan secara singkat.
  7. Bagaimana anda memberikan ijin sebagai layanan kesehatan swasta profesional (bagaimana mempertahankan/memperpanjang ijin, contoh: adakah syarat mengikuti latihan tertentu)? Apakah ada perbedaan dalam sektor swasta dan publik? Jika ya, bagaimana bisa?

Jawaban:

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.


Setelah kita mendapatkan tentang lingkungan dari aktifitas sektor swasta, kita perlu untuk mengeksplorasi isu-isu kebijakan kemitraan publik-swasta yang paling mendesak/potensial dan strategi potensial untuk mengatasinya. Agar dapat melakukan ini, kita perlu untuk berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan dari sektor publik dan swasta. Tetapi pertama, kita perlu mengidentifikasi siapa saja para aktor sektor publik dan siapa saja para aktor di sektor swasta terkait dengan jaminan kesehatan semesta kita atau tujuan kesehatan nasional lainnya.

Tabel 15

Sebutkan isu prioritas (contohnya: UHC atau tujuan kesehatan nasional atau prioritas direktorat/sub-direktorat anda)

Berhubungan dengan Prioritas Nasional (contohnya: target-target RPJMN, target-target rencana strategis MOH, dll)

Siapa saja aktor-aktor yang relevan di sektor public

Apa yang menjadi perbedaan di kapasitas sektor publik?

Siapa saja para aktor yang relevan di sektor swasta?

Contoh: para penyedia, organisasi professional, NGO, etc.

Apa kapasitas potensial dari sektor swasta?

           
           
           


Ketika anda berpikir tentang para aktor di sektor swasta, coba untuk tidak membatasi anda hanya terhadap para penyedia sektor swasta. Ingat bahwa juga ada perantara sektor swasta seperti organisasi profesional, asosiasi fasilitas swasta, NGOs, asuransi swasta, dll.
Berikutnya, anda perlu tahu motivasi dan kepentingan mereka. Di tahap ini, anda mungkin perlu membuat suastu asumsi.

Tabel 16

Pemangku Kepentingan 

Kepentingan/Motif

Para asuransi swasta

 

Para penyedia swasta

 

Penderma/filantropi

 

Perusahaan/korporasi

 

LSM/aktivis kesehatan

 

Ikatan profesi/asosiasi

 

……

 

 

TUGAS

 

Download soal

 

Tugas 2
The maximum file size is 5mb (jpg, jpeg, png, pdf, doc,docx)

 

Menu Blended Learning

Organized by:

Asia-Pacific Network for Health
Systems Strengthening (ANHSS),
The Center for Health Policy and Management, Faculty of Medicine, Public Health and Nursing
(CHPM-FMPHN) Universitas Gadjah Mada

More Info

Megarini Sulistyo

Email: eg4_eg4@yahoo.com
Mobile +62 818996974

Search