Modul 4

Bagian III: Memahami secara mendalam kajian untuk secara langsung menginformasikan perubahan kebijakan yang memungkinkan

Sekarang kita tiba di tahap yang paling penting, yaitu konsultasi dengan para pemangku kepentingan. Konsultasi ini tidak hanya berguna dalam hal menemukan hal yang dapat dilakukan dan diterapkan, tetapi juga berguna untuk mendapatkan gambaran tentang perilaku dari sektor publik terhadap sektor swasta, dan kebalikannya, sektor swasta terhadap sektor publik. Memahami perilaku ini penting karena kemitraan publik-swasta membutuhkan hubungan jangka panjang antara para pemangku kepentingan untuk memastikan partisipas dan kontinuitas jangka panjang. Sikap atau persepsi yang negatif diantara mereka harus segera diselesaikan secepatnya sebelum kemitraan terjadi. Kajian sektor kesehatan merupakan tempat yang bagus untuk memulai dialog publik-swasta, tetapi ini hanya sebagai awal.

Sekarang kita bergerak menuju fase berikutnya, yaitu melakukan kajian mendalam untuk secara langsung menginformasikan perubahan kebijakan yang memungkinkan. Ini ada kajian yang ditarget bertujuan untuk mengeksplorasi hal-hal khusus, terutama untuk mendapatkan pencerahan mengenai opsi-opsi apa saja yang kemungkinan bekerja berdasarkan temuan-temuan di bagian II

Bagian ini ketika anda melakukan scoping:

  • Identifikasi segmen mana dari sektor swasta yang paling memiliki potensi dan paling ingin untuk mengisi kekosongan dalam rangka untuk membantu mencapai tujuan kesehatan nasional
  • Identifikasi tipe layanan-layanan apa yang paling relevan
  • Identifikasi populasi di dalam grup dan/atau area geografis yang paling membutuhkan tindakan secepatnya

Lihat tabel 15. Pilih isu (satu) yang paling penting yang ingin anda gunakan untuk latihan ini

Tabel 17

Isu prioritas

Sasaran (hasil yang diharapkan)

Strategi-strategi utama untuk memenuhi sasaran dari isu prioritas

Target grup prioritas atau area geografis

Bagian-bagian sektor swasta yang paling potensial contoh para penyedia? Para penyedia tahap mana?

Tipe-tipe dari layanan-layanan paling potensial yang dapat mereka berikan untuk mendukung strategi

           
         
         


Berikutnya, anda perlu mengembangkan strategi untuk melibatkan sektor swasta. Pikirkan pendekatan-pendekatan apa yang paling potensial yang mungkin efektif. Seperti yang anda lihat di kerangka keterlibatan sektor swasta (gambar 1 di modul 1), ada banyak strategi-strategi. Dalam modul ini tersedia beberapa powerpoint yang menjelaskan masing-masing strategi tersebut. 

Pertama, ketika berpikir mengenai strategi yang paling dapat dipercaya, pertimbangkan poin-poin di bawah ini:

  • Apakah ada perantara yang terlibat? Siapa? Apa sifat hubungan mereka terhadap pemerintah? Apakah ini perlu dirubah? Bagaimana?
  • Apakah sektor swasta mau untuk terlibat penuh dalam jangka waktu yang panjang? Jika tidak, kenapa? Apa yang perlu dirubah? Apa yang mereka butuhkan?
  • Apa yang menjadi kapasitas dari pemerintah dan sektor publik untuk berpartisipasi di dalam kemitraan? Apa yang mereka butuhkan agar berkomitmen secara penuh terhadap kemitraan? Apakah memerlukan regulasi baru? Jika Iya, regulasi tentang apa?

Yang kedua, kita harus berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan sebagai awal untuk berdialog dan menilai potensi dari kerja sama. Lihat tabel 15 dan tabel 17: identifikasi siapa saja para pemangku kepentingan yang relevan dari sektor publik dan sektor swasta yang relevan terhadap isu prioritas yang anda ingin sampaikan. Batasi diri anda hanya satu topik/isu prioritas di setiap pertemuan KECUALI isu-isu prioritas saling berkaitan. Identifikasi sektor swasta yang mana yang harus anda ajak konsultasi. Pilih sektor-sektor swasta yang paling mudah didekati untuk pertemuan pertama anda (mungkin anda ingin menambahkan lagi nantinya). Berikutnya, kita perlu untuk berkonsultasi dengan mereka, agar mendapatkan pemahaman tentang:

  • Mengidentifikasi area dimana para aktor publik terbuka untuk berkolaborasi
  • Mengidentifikasi area dimana para aktor swasta terbuka untuk berkolaborasi
  • Menemukan timpang tindih diantara keduanya

Pertemuan tersebut seharusnya bertujuan untuk menganalisa informasi teknis yang harus kita kumpulkan di dalam Kajian sektor kesehatan dan menemukan kesempatan untuk keterlibatan yang diidentifikasi dari analisa teknis dengan kesempatan untuk tindakan yang diidentifikasi oleh para pemangku kepentingan. Ingat, partisipasi yang aktif adalah salah satu cara untuk membangun kemitraan dan memperoleh komitmen. Oleh karena itu, jangan mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tanpa kehadiran para pemangku kepentingan dan berkontribusi di dalam diskusi. Ini adalah kesempatan anda untuk menguji apakah asumsi yang anda buat di tabel 16 betul atau apakah perlu perubahan.

Diskusinya seharusnya berkisar tentang isu-isu penting berikut:

  • Apa yang menjadi sasaran kesehatan nasional yang anda (pemerintah) ingin atasi?
  • Bagaimana status pemerintah dalam hal mencapai sasaran-sasaran tersebut? Sudah dekat dengan target, atau masih jauh?
  • Apa saja yang menjadi 'gap' di sektor publik: fasilitas? Sumber daya manusia? Peralatan? Pembiayaan? Kualitas? Jangkauan? jika mungkin, bangun analisa akar permasalahan (root cause analysis) bersama dengan stakeholders
  • Apa potensi dari sektor swasta untuk mengisi 'gap' ini? Apakah mereka bersedia untuk mengisi 'gap' ini? Jika ya, bagaimana? Jika tidak, kenapa?

Tabel 18

Sasaran Kesehatan Nasional/Isu prioritas: ___________________

Status sasaran kesehatan nasional/isu capaian prioritas

Gap kapasitas di sektor publik

Di sektor publik siapa yang terbuka untuk berkolaborasi dengan sektor swasta

Mengapa pemerintah harus bekerja sama dengan sektor swasta?

     
 

Kepentingan di sasaran kesehatan nasional/isu prioritas

Kapasitas yang ada

Di sektor swasta siapa yang terbuka untuk berkolaborasi dengan sektor publik/pemerintah)

Kenapa sektor swasta harus bekerja sama dengan sektor publik/pemerintah?

     
 

Deskripsi dari layanan/jangkauan kerja

Potensi pendanaan oleh siapa (dalam bentuk apa)

Mekanisme Kemitraan
(contoh: kontrak, CSR, dll)

Strategi apa yang paling berpotensi untuk mengembangkan kemitraan

     
 

Menurut sektor publik/pemerintah

Menurut sektor swasta

Informasi tambahan yang mungkin kita perlukan

Potensi tantangan dari bekerja sama

     

Kemungkinan solusi

     


Idnetifikasi informasi tambahan apa yang anda butuhkan untuk membangun sebuah strategi untuk kemitraan publik-swasta. Contohnya: jika ada gap di sumber daya manusia dimana sektor swasta bisa mengisi, anda perlu mengumpulkan informasi mengenai fasilitas pelatihan di sektor swasta. Pikirkan bagaimana anda dapat mengumpulkan informasi ini. 

TUGAS

 

Download Soal

Tugas 3
The maximum file size is 5mb (jpg, jpeg, png, pdf, doc,docx)
 

 

MATERI

 

Menu Blended Learning

Organized by:

Asia-Pacific Network for Health
Systems Strengthening (ANHSS),
The Center for Health Policy and Management, Faculty of Medicine, Public Health and Nursing
(CHPM-FMPHN) Universitas Gadjah Mada

More Info

Megarini Sulistyo

Email: eg4_eg4@yahoo.com
Mobile +62 818996974

Search