Menkes: Lima Tahun ke Depan Kita Bisa Mengontrol Malaria

SOKONGAN sumbangan dari Tahir Foundation sekaligus mitranya Bill & Melinda Gates sangat besar bagi upaya penuntasan AIDS, tuberculosis dan malaria di Indonesia. Dengan upaya ini, minimal kita bisa mengontrol tiga penyakit epidemi penyebab kematian masyarakat Indonesia.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh Dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia sekaligus Ketua Dewan Global Fund untuk penanggulangan AIDS, tuberculosis & malaria.

Dia menjelaskan bahwa lima tahun ke depan kita bisa mengontrol tiga penyakit epidemi penyebab kematian dan kecacatan terkemuka di masyarakat Indonesia. Apalagi ditambah dukungan Tahir Foundation sekaligus mitranya Bill Melinda Gates yang memberikan sumbangan sebesar USD130 juta melalui Global Fund untuk pengobatan dan peningkatan akses kesehatan masyarakat Indonesia. Menurutnya, minimal pencapaian dari dukungan itu akan membuahkan hasil bahwa tiga penyakit itu kita bisa diredam atau dikontrol.

Dia menambahkan bahwa capaian dukungan Global Fund dari 2003 sampai sekarang sudah membantu penuntasan penyakit AIDS, tuberculosis dan malaria di Indonesia. Dimana sebanyak 1,3 juta kasus baru tuberculosis sudah dideteksi dan diobati, dan sebanayak 8,8 juta kelambu berinteksida sudah didistribusikan ke daerah-daerah Indonesia, terutama daerah endemi malaria, terakhir sebanyak 29 ribu orang saat ini sudah menerima terapi antiretroviral (ART).

"Untuk penyakit malaria, meski tak bisa benar-benar dituntaskan penyakitnya, saya yakin lima tahun ke depan setidaknya kita bisa mengontrol malaria di enam provinsi epideminya. Di daerah Maluku, Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur dan lain-lain,"katanya dalam acara bertema Lounching Donasi dari Tahir Foundation dan Bill & Melinda Gates Foundation untuk Peningkatan Kesehatan Indonesia di R. Leimina Lantai 2, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2013.

Hal senada juga disampaikan Dato Sri Dr. Tahir, Ketua Umum Tahir Foundation. Dia menjelaskan bahwa diharapkan lima tahun ke depan sumbangan ini bisa membantu capaian target kementerian kesehatan dan bisa membantu peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia.

"Sumbangan ini kan diberikan bertahap selama lima tahun, saya berharap dana ini bisa membantu kesehatan masyarakat Indonesia dan bisa mencegah tiga penyakit berbahaya AIDS, tuberculosis, dan malaria,"jelasnya. (ind)

sumber: health.okezone.com