Latar Belakang

Berbagai faktor seperti meningkatnya populasi yang semakin menua dan penyakit tidak menular yang menimbulkan biaya besar pada kantong setiap individu dan anggaran kesehatan masyarakat mendorong meningkatnya permintaan untuk layanan kesehatan di Asia dan Pasifik. Sebagian besar pemerintah kekurangan kapasitas layanan dan sumber daya untuk mengatasi permintaan yang terus meningkat ini lantaran kendala fiskal dan kelembagaan. Kesenjangan tersebut telah memberikan peluang bagi sektor swasta untuk memperluas operasinya dan memperkuat peran integral dalam penyediaan layanan kesehatan. Selama bertahun-tahun, sektor swasta telah menunjukkan upaya dalam menyediakan kapasitas layanan yang lebih besar, daya tanggap layanan, meningkatkan jangkauan, akses, pilihan dan jenis layanan.

Tantangan sistem kesehatan campuran, yang sebagian besar ada di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di kawasan ini, tetap menjadi salah satu hambatan yang memperlambat penguatan sistem kesehatan. Dengan tujuan global untuk mencapai cakupan kesehatan universal (UHC) pada tahun 2030, sekarang terdapat tekanan yang lebih kuat bagi kawasan tersebut untuk memperkuat sistem kesehatannya dan meningkatkan efektivitas, efisiensi, akses, kesetaraan, dan kualitas pemberian layanan. Untuk mempercepat kemajuan dalam mencapai tujuan ini, upaya perlindungan dan langkah-langkah kebijakan yang tepat harus ditetapkan untuk menyediakan lingkungan yang memungkinkan bagi sektor swasta guna berintegrasi dalam sistem kesehatan.

Dengan tujuan untuk mendukung pencapaian tujuan sektor kesehatan, ANHSS bekerja sama dengan PKMK-FKKMK UGM akan menyelenggarakan kursus transfer pengetahuan dan peningkatan kapasitas tentang keterlibatan sektor swasta dengan tema "Menuju Penyampaian Layanan yang Lebih Efektif dan Kolaboratif untuk Layanan Kesehatan Universal". Acara-acara ini bertujuan untuk mengumpulkan pakar kesehatan dan sistem kesehatan, pembuat kebijakan, organisasi bisnis dan nirlaba, akademisi, dan lainnya untuk bersama-sama mendiskusikan pengetahuan, praktik yang baik termasuk langkah-langkah harmonisasi dan adaptasi, tantangan, dan inovasi mengenai layanan kesehatan universal.

Menuju Layanan Perawatan Primer dan Rumah Sakit Terpadu yang Lebih Efektif dan Kolaboratif untuk Cakupan Kesehatan Semesta

Tema kursus 2020 adalah "Menuju Layanan Perawatan Primer dan Rumah Sakit Terpadu yang Lebih Efektif dan Kolaboratif untuk Cakupan Kesehatan Semesta". Kegiatan ini akan menyoroti peran penting mengintegrasikan layanan primer dan layanan rumah sakit dalam mencapai Cakupan Kesehatan Semesta dalam Sistem Layanan Kesehatan. Perwakilan dari berbagai negara (Indonesia, Cina (HKSAR), Filipina, dan Thailand) akan mengadakan pertemuan untuk memberikan wawasan dan berbagi kisah sukses mengenai tata kelola kolaboratif yang efektif dan pemberian layanan di sektor kesehatan terutama di negara-negara Asia.

Kursus berbasis web ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk organisasi laba dan nirlaba, lembaga, dan individu seperti pembuat kebijakan, akademisi, advokat kesehatan, dan inovator sosial dengan tujuan utamanya meningkatkan kesehatan sehingga mereka dapat berkontribusi pada penguatan sistem kesehatan untuk pemberian, implementasi, dan pemantauan serta evaluasi perawatan kesehatan universal yang efektif.

Terdapat dua bagian dari kursus:

  1. Pembelajaran Campuran (Blended Learning) pra-acara
  2. Seri webinar (kursus)

Pembelajaran Campuran (Blended Learning) pra-acara adalah program khusus untuk peserta Indonesia dan akan disampaikan hanya dalam Bahasa Indonesia. Kegiatan ini bukan prasyarat untuk peserta internasional, namun untuk peserta Indonesia.

Kursus akan diselenggarakan secara online penuh dalam Bahasa Inggris, melalui tautan webinar yang akan dikirim ke peserta yang terdaftar. Video sesi yang direkam juga akan tersedia bagi peserta untuk diakses jika mereka tidak dapat bergabung dengan jadwal webinar yang telah ditentukan. Seluruh materi lain (powerpoint / modul / bahan bacaan / tugas) juga akan tersedia online.

 

 

Organized by:

Asia-Pacific Network for Health
Systems Strengthening (ANHSS),
The Center for Health Policy and Management, Faculty of Medicine, Public Health and Nursing
(CHPM-FMPHN) Universitas Gadjah Mada

More Info

Megarini Sulistyo

Email: eg4_eg4@yahoo.com
Mobile +62 818996974

Search