Biografi Narasumber

Dr. Narjis Rizvi

Asisten Profesor Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat
Aga Khan University, Karachi, Pakistan

Dr. Narjis merupakan seorang peneliti kesehatan masyarakat dengan lebih dari 25 tahun pengalaman bekerja di berbagai bagian Pakistan. Beliau adalah seorang dokter dengan pelatihan dan merupakan anggota dari Kolese Dokter Umum dan Dokter Bedah (College of Physician and Surgeons), Pakistan. Beliau berspesialisasi dalam desain, perencanaan, implementasi, pemantauan dan evaluasi proyek sistem kesehatan berbasis masyarakat.

Sebagai staf pengajar fakultas di departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (CHS), Aga Khan University, Pakistan, beliau adalah orang yang menjadi fokus untuk program sarjana perancangan dan implementasi kurikulum. Beliau juga mengajar di dua program master dari departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat yaitu Kebijakan dan Manajemen Kesehatan dan Epidemiologi dan Biostatistik. Terlebih, beliau pernah bekerja di Akademi Layanan Kesehatan (HSA), sebuah lembaga kesehatan publik pemerintah dari Kementerian Kesehatan, Islamabad, Pakistan. Ketika beliau bekerja di HSA, beliau mengajar mahasiswa kesehatan masyarakat program S2 dan program S3. Beliau telah memberikan pengawasan teknis ke sejumlah kajian penelitian, di mana beliau menilai dan mengevaluasi; Kinerja Lady Health Worker, kurikulum pelatihan Bidan Komunitas, program kesehatan ibu dan anak, kampanye peningkatan kesadaran remaja dan pemberantasan polio.

Karya tulis beliau telah diterbitkan di banyak jurnal internasional dan nasional yaitu; Kebijakan Kesehatan, Infeksi Menular Seksual, Pencegahan Cedera, Biomed Central dan banyak lainnya. Portofolio penelitiannya saat ini meliputi; Co-Investigator, "Survei Cakupan Imunisasi Campak di Sindh" yang didanai oleh WHO; Co-Investigator, "Sukh", sebuah proyek keluarga berencana yang dilaksanakan di sepuluh komunitas di Karachi yang didanai oleh Aman, Bill Gates.

Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran
Universitas Gadjah Mada Indonesia

Prof. Laksono adalah Profesor dalam Kebijakan dan Administrasi Kesehatan dan seorang peneliti senior di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Indonesia (FK-UGM). Beliau menyandang Ph.D dari London School of Hygiene dan Tropical Medicine. Pada tahun 2001 beliau menghabiskan tahun PostDoc di Harvard Medical School, Departemen Kedokteran Sosial, Boston. Saat ini beliau adalah Direktur Program Pascasarjana Manajemen Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada dan Pemimpin Redaksi Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia.

Minat utama beliau ialah kebijakan dan administrasi kesehatan, terutama desentralisasi layanan kesehatan. Beliau menjabat sebagai konsultan untuk menteri kesehatan dan pemerintah daerah selama bertahun-tahun. Selama delapan tahun terakhir, beliau adalah direktur berbagai program untuk mendukung layanan kesehatan di daerah terpencil sebagai kolaborasi antara Universitas Gadjah Mada, pemerintah daerah, dan kementerian kesehatan. Prof. Laksono Trisnantoro memimpin tim yang kuat untuk mendukung layanan kesehatan selama 4 tahun guna pemulihan Aceh dan Sumatera Utara setelah tsunami pada tahun 2004. Sejak 2010, beliau mengelola konsorsium rumah sakit dan sekolah kedokteran untuk mendukung rumah sakit terpencil di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berfokus pada pelayanan kesehatan ibu dan anak. Beliau menghabiskan sebagian waktunya sebagai konsultan jangka pendek dan penasihat teknis untuk sejumlah lembaga internasional seperti Organisasi Kesehatan Dunia, AusAid, dan Bank Dunia.

Prof. Eng Kiong Yeoh

Direktur JC School of Public Health and Primary Care, Chinese University of Hong Kong (CUHK) dan Kepala Divisi Sistem Kesehatan, Kebijakan dan Manajemen di JC School of Public Health and Primary Care

Prof. Yeoh adalah seorang Profesor Kesehatan Masyarakat, Direktur di Kesehatan Masyarakat dan Layanan Primer JC School dari Chinese University of Hong Kong (CUHK) dan juga Kepala Divisi Sistem Kesehatan, Kebijakan dan Manajemen di JC School of Public Health and Primary Care. Penelitian beliau adalah mengenai sistem kesehatan, layanan dan kebijakan dengan minat dalam menerapkan pemikiran sistem untuk mempelajari bagaimana komponen kompleks sistem kesehatan berinteraksi dan saling terkait guna meningkatkan kesehatan. Minat penelitian saat ini adalah menerapkan kerangka kerja sistem dalam menciptakan model pemberian perawatan kesehatan dan sosial yang terintegrasi untuk populasi lanjut usia. Beliau terlibat dalam kerja kolaboratif dengan jaringan penelitian seperti Association of Pacific Rim Universities World Institute dan World Bank Institute ANHSS dalam studi tentang sistem kesehatan dan pelatihan untuk kebijakan. Beliau adalah Ketua ANHSS dari Juli 2009 - Juni 2014 dan menjabat sebagai Pemimpin Klaster untuk Kegiatan Keilmuan. Lebih lanjut, beliau merupakan anggota Dewan Penasihat Internasional dari National University of Singapore Initiative untuk meningkatkan kesehatan di Asia, yang berkontribusi pada pemikiran dan perumusan kebijakan dalam pengembangan sistem kesehatan & kesehatan masyarakat di Asia.

Assoc. Prof. Chantal Herberholz, Ph.D

Fakultas Ekonomi, Chulalongkorn University Bangkok, Thailand

Asst. Prof. Chantal Herberholz, Ph.D adalah Anggota Komite Eksekutif dari Pusat Ekonomi Kesehatan di fakultasnya. Minat penelitian Dr. Herberholz meliputi perdagangan jasa (pendidikan, kesehatan dan keuangan), pembiayaan layanan kesehatan, dan pengambilan keputusan rumah tangga. Beliau mengajar kursus pengembangan ekonomi, investasi, dan pembiayaan perawatan kesehatan. Beliau berpartisipasi dalam kursus pelatihan tahunan Jaringan Asia untuk ANHSS Klaster Kemitraan Pemerintah Swasta dan berkontribusi pada kelas ini sebagai narasumber.

 

 

 

 

Organized by:

Asia-Pacific Network for Health
Systems Strengthening (ANHSS),
The Center for Health Policy and Management, Faculty of Medicine, Public Health and Nursing
(CHPM-FMPHN) Universitas Gadjah Mada

More Info

Megarini Sulistyo

Email: eg4_eg4@yahoo.com
Mobile +62 818996974

Search