JUDUL RISET

Evaluasi Kebijakan Jaminan Persalinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2012

DATA PENELITI

Gelar: SKM MPH

Nama: Ummul Khair

Institusi: Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi DIY

Alamat institusi: Jalan Raya Solo Km 12

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Nomor telepon: 0274- 497253

Fax: 0274- 497253

Nomor HP: 085228487346

 

ABSTRAK

Latar Belakang:

Dalam penurunan angka kematian ibu, Kementrian kesehatan melakukan terobosan baru melalui Jaminan Persalinan (Jampersal) sebagai salah satu solusi. Kebijakan jaminan persalinan merupakan program yang diperuntukkan untuk melindungi seluruh ibu hamil di Indonesia. Pelayanan Jaminan Persalinan terdiri pemeriksaan kehamilan, pelayanan nifas termasuk KB pasca persalinan, dan pelayanan bayi baru lahir. Di daerah Istimewa Yogyakarta kebijakan jaminan persalinan memiliki beberapa hambatan dalam implementasinya dan merupakan program terbaru.

Tujuan :

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kebijakan jaminan persalinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Metode Penelitian:

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan studi kasus dengan pendekatan mixed method (kuantitatif dan kualitatif). Penelitian dilakukan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menangani jaminan persalinan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu pengambilan sampel stratifikasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah dinas kesehatan kabupaten/ kota, rumah sakit umum daerah, Puskesmas dan Praktik Bidan swasta yang menangani jampersal. pengumpulan data dengan cara pengumpulan data sekunder, wawancara mendalam dengan informan dan pelaksanaan Diskusi Kelompok Terfokus (DKT) atau Focus Group Discussion (FGD).

Kata Kunci : Jaminan Persalinan, Evaluasi Kebijakan.

Bulan

Progress status

Maret 

Saat ini untuk 1 kabupaten ( Gunung Kidul) masih dalam proses perizinan, sedangkan kabupaten/ kota lain perizinan telah didapat.

Pencarian data di 4 kab/kota tersebut sudah sampai dalam proses penyelesaian (70 %) sekaligus proses pengolahan data. Wawancara masih akan dilakukan bagi responden BPS (bidan praktek swasta) untuk 4 kab/ kota.

 Juni

Telah Selesai Penelitian