Memahami Rencana Keuangan sebagai
persiapan penulisan Business Plan

 

  Deskripsi

Sebagai persiapan untuk menulis Business Plan, para peserta diharapkan dapat memahami rencana keuangan. Tinjauan dari sisi keuangan ini dimaksudkan untuk melihat kondisi organisasi dari sisi keuangan untuk lima tahun yang akan datang. Tinjauan keuangan ini merupakan kelanjutan dari analisis sumber-sumber dana penelitian. Para koordinator tim peneliti diharapkan mampu untuk menyusun rencana keuangan secara sederhana. Rencana keuangan untuk lima tahun ke depan tentunya bersifat indikatif yang dipengaruhi oleh kemampuan tim menafsirkan peluang-peluang pendanaan.

Fasilitator:
Laksono Trisnantoro
Putu Eka Andayani
Yos Hendra

 

  Tujuan

  1. Mampu mengidentifikasi pendapatan dan biaya lembaga penelitian
  2. Mampu memproyeksikan pendapatan dan biaya untuk kegiatan dimasa yang akan datang
  3. Mampu memproyeksikan aliran kas dimasa yang akan datang


  Bacaan :

Rencana keuangan di dalam business plan dalam bentuk laporan keuangan proyeksi atau laporan keuangan yang diperlihatkan dalam bentuk taksiran untuk tahun-tahun kedepan. Sumber-sumber pendapatan yang dapat diidentifikasi berasal dari Lembaga pemerintah dan swasta dan biaya terdiri dari biaya variable dan biaya tetap.

Aspek keuangan dalam bentuk proyeksi didalam business plan meliputi:

  1. Laporan Operasional
  2. Laporan Arus Kas


Laporan Operasional

Laporan operasional didalam dokumen business plan bertujuan untuk melihat kedepan apakah organisasi mendapatkan kelebihan atau kekurangan dana (surplus atau defisit). Didalam laporan operasional, terdapat dua komponen utama yaitu pendapatan dan biaya.

  1. Pendapatan, adalah pendapatan yang diterima oleh suatu lembaga untuk barang dan jasa yang dihasilkan dan dijual. Pendapatan yang didapat dihasilkan dari berapa banyak produk yang dihasilkan dikalikan dengan tarif yang ada.
  2. Biaya, adalah pengeluaran yang dilakukan dalam menjalankan aktivitas dalam suatu periode akuntansi. Ini akan membawa pengaruh terhadap arus kas keluar. Termasuk di dalamnya untuk pembayaran gaji, pembelian barang dan pengeluaran lainnya.

Proyeksi Laporan Operasional

Produk

Tarif

1

2

3

4

5

Pendapatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Biaya

 

 

Biaya

 

 

Biaya Variabel

 

 

 

 

 

.............

 

 

 

 

 

............

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Biaya Tetap

 

 

 

 

 

Biaya Gaji

 

 

 

 

 

Biaya Langganan

 

 

 

 

 

....

 

 

 

 

 

....

 

 

 

 

 

Total

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Surplus/Defisit

 

 

 

 

 

Laporan Aliran Kas

Aliran kas adalah aliran kas masuk dan aliran kas keluar atau setara kas. Dengan kata lain dalam Laporan aliran kas akan memberikan informasi tentang berapa jumlah kas yang tersedia untuk menjalankan aktivitas. Laporan aliran kas memberikan gambaran mengenai jumlah dana yang tersedia pada setiap saat yang dapat dipakai bagi berbagai kebutuhan oprasional lembaga termasuk investasi dan memuat jumlah pemasukan dan pengeluaran yang disusun dengan menelusuri dan mengkaji laporan operasional.

Laporan Arus kas biasanya terdiri atas 3 bagian, yaitu:

  1. Aktivitas operasional, adalah aktivitas penerimaan dan pengeluaran kas yang ditujukan untuk kegiatan operasional lembaga selama satu periode akuntansi.
  2. Aktivitas investasi, adalah aktivitas penerimaan dan pengeluaran kas yang ditujukan untuk perolehan dan pelepasan aset tetap dan aset non keuangan lainnya.
  3. Aktivitas Pendanaan, adalah aktivitas penerimaan kas yang perlu dibayar kembali dan/atau pengeluaran kas yang akan diterima kembali yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah dan komposisi investasi jangka panjang, piutang jangka panjang, dan utang sehubungan dengan pendanaan defisit atau penggunaan surplus anggaran.

Proyeksi Aliran Kas

URAIAN

Tahun Ke

1

2

3

4

5

I.ARUS KAS DARI AKTIVITAS OPERASIONAL

Pendapatan  Operasional

Jumlah Pendapatan

Biaya Operasional

Biaya Variabel

Biaya Tetap

Jumlah Biaya

AKTIVITAS OPERASIONAL

 

II.ARUS KAS DARI AKTIVITAS INVESTASI

Arus Kas Masuk

Arus Kas Keluar

Biaya Gedung

AKTIVITAS INVESTASI

 

III.ARUS KAS DARI AKTIVITAS PENDANAAN

Arus Kas Masuk :

Penerimaan Pinjaman

Arus Kas Keluar

Pemberian Pinjaman

AKTIVITAS PENDANAAN

Kenaikan Bersih Kas

Kas Dan Setara Kas Awal

Jumlah Saldo Kas

 

Catatan penting untuk kegiatan minggu depan.

Diharapkan para anggota tim peneliti melakukan pertemuan untuk membahas business plan secara keseluruhan. Pada akhir minggu akan kami kirimkan format Business Plan kepada seluruh peserta. Diharapkan menjelang tahun baru ini, anggota tim dapat menyusun Business Plan untuk tahun 2013 – 2018.

 

Bahan Bacaan

Eugene F. Brigham & Michael C. Ehrhardt (2005), Fiancial Management. 11th ed.., Thomson south-western

Kieso, Donald E., Weygandt, Jerry J, Warfield, Terry D..(2007), Intermediate Accounting.12th ed., John Wiley & Sons inc.

Paul Tiffany, Steven D. Peterson, (2004) Business Plans For Dummies, 2nd Edition