Modul Jarak jauh tersusun atas 3 modul: 
Modul 1. Memahami Ilmu Kebijakan dan Isi Kebijakan;
Modul 2. Metode Riset untuk Kebijakan
Modul 3. Melakukan translasi hasil-hasil riset kebijakan ke pengambil keputusan

Modul 1. Memahami Sistem Kesehatan, Ilmu Kebijakan dan Penelitian Kebijakan

 Deskripsi

Modul ini secara umum membahas aplikasi ilmu kebijakan dalam sistem kesehatan dan penelitian kebijakan kesehatan. Para peserta pelatihan didorong untuk mempelajari sistem kesehatan, arti ilmu kebijakan dan penerapannya di sistem kesehatan, serta makna dan kebutuhan penelitian kebijakan kesehatan dan sistem kesehatan. Dalam hal penerapan, dengan adanya desentralisasi kesehatan, kebijakan kesehatan dapat ditetapkan di level pusat, propinsi, ataupun kabupaten.kota. Pemahaman mengenai kebijakan public (public policy) sangat penting untuk dapat memahami makna penelitian kebijakan. Oleh karena itu para peserta diharapkan membaca buku kebijakan publik yang ditulis oleh para ahli ilmu-ilmu sosial. Disamping memahami isi, Modul 1 menyiapkan peserta untuk menulis bagian pendahuluan dari proposal yang akan disusun pada Modul 2. Penulisan pendahuluan ini merupakan langkah pertama dalam konteks 4 langkah riset kebijakan: (1) identifikasi fokus penelitian dan pertanyaan-pertanyaannya; (2) rancangan penelitian; (3) penjaminan mutu penelitian; dan (4) melaksanakan prinsip-prinsip etika. Identifikasi fokus penelitian ini akan ditulis dan dikirim sebagai tugas akhir dalam Modul 1 ini.

 

Modul 1 tersusun atas beberapa bagian, silahkan klik.

mod1a

Membahas arti sistem kesehatan, Ilmu Kebijakan, aplikasi ilmu kebijakan di sistem kesehatan, dan pengantar penelitian kebijakan kesehatan.
Dilaksanakan antara 6 – 9 November 2012.

mod1b 

Membahas isu Ideologi dalam sistem kesehatan, aspek pemerataan (equity) yang terkait dengan Social Determinant of Health. Diselenggarakan antara 10 – 14 November 2012.

mod1c 

Membahas Desentralisasi di sektor kesehatan. Dilaksanakan pada tanggal 15 – 18 November 2012.

mod1d 

Memahami Topik-topik Prioritas dan Isu-isu penting dalam Kebijakan Kesehatan yang dibahas pada tanggal 19 – 21 November 2012.

mod1e 

-  Pengantar IFLS oleh Wayan Suriastini
-  Quality of Health Care Services - Elan Satriawan

Membahas penggunaan data besar untuk penelitian kebijakan. Dilakukan pada tanggal 22 – 24 November 2012.

penutup

Setelah mengikuti Modul 1 ini diharapkan para peserta dapat melakukan penulisan awal untuk pendahuluan dan identifikasi fokus penelitian yang akan dipergunakan di Modul 2. Tugas paling lambat dikirim tanggal 25 November 2012.