Modul 2A4. Memahami Konteks Sosial dan Politik dalam HPSR
(Understanding the Nature of Social and Political Reality)

 

 Deskripsi

Keberadaan konteks amat berarti bagi sebuah kebijakan untuk berbagai alasan yang saling terkait. Pertama, konteks membentuk kemungkinan perubahan kebijakan, misalnya, terjadinya reformasi akan menjadi konteks yang mendasari tuntutan perubahan kebijakan. Kedua, konteks membentuk posisi dan perspektif kepentingan para aktor atau pelaku kebijakan. Ketiga, konteks menentukan efektifitas atau kesesuaian dari setiap tindakan atau keputusan yang berbeda. Dalam beberapa konteks, akan menjadi lebih efektif untuk mengambil pilihan atau tindakan tertentu, namun pada konteks lain, bertindak dengan cara yang sama belum tentu akan efektif. (Nash et al., 2006).

Konteks sosial dan politik sangat erat kaitannya dengan sistem kesehatan. Dengan demikian, dalam riset sistem dan kebijakan kesehatan, konteks sosial dan politik menjadi tidak terpisahkan bahkan sangat mempengaruhi. Analisis terhadap pengaruhnya pun tergantung pada paradigm yang dipakai, apakah positivis, relativis, atau critical paradigm.

 

 Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran dari modul ini antara lain:

Dengan mempelajari modul ini, diharapkan peserta

  1. Mengetahui berbagai paradigm yang dapat dipakai sebagai sudut pandang peneliti untuk melakukan analisis kebijakan dalam riset kebijakan dan sistem kesehatan .
  2. Membantu peneliti menetapkan sudut pandang/paradigma dalam menyusun proposal penelitian sebagai dasar pengajuan jenis penelitian, disain studi dan pembahasan serta analisis temuan dari riset kebijakan dan sistem kesehatan yang dilakukan nantinya.

 

  Isi Modul

Modul ini menekankan pada cara memahami sudut pandang (paradigm/worldview) peneliti pada topik penelitian (apa yang tengah diteliti). Paradigma peneliti akan mempengaruhi pemilihan jenis penelitian, juga berikutnya disain serta analisis terhadap temuan penelitian. Diskusi tentang paradigma penelitian telah menjadi bahasan umum dalam ilmu-ilmu sosial, namun relatif masih jarang terjadi di riset kesehatan (Gibson, 2009; Lincoln & Gubba, 2000 dalam Creswell, 2010).

Beberapa ahli lebih suka menyebutnya sebagai pandangan-dunia (worldviews), karena memiliki arti "kepercayaan dasar atau keyakinan yang memandu tindakan" (Guba, 1990:17, dalam Creswell, 2010. Seluruh riset akan dipengaruhi oleh paradigma atau sudut pandang peneliti dalam memahami dan memaknai konteks, realita, dan keilmuan. Penting bagi seorang peneliti untuk mengenali dan menetapkan sudut pandang atau paradigma yang digunakan terhadap suatu permasalahan karena akan mempengaruhi jenis pertanyaan yang akan diajukan serta strategi riset yang dipilih.

Kerangka Penelitian

Pengajuan kerangka atau desain sebuah penelitian diawali dengan menetapkan sudut pandang (paradigm). Dalam ilmu-ilmu sosial dan ilmu lain yang berkait dengan kemanusiaan. paradigma membantu kita memahami fenomena serta membangun asumsi untuk melaksanakan penelitian sebagai bentuk kontribusi dalam penyelesaian berbagai masalah, pengembangan ilmu pengetahuan dan kebijakan berbasis bukti. (Firestone, 1978; Gioia&Pietre, 1990; Kuhn, 1970). Pembahasan tentang paradigm meliputi teori, konsep atau metode dan pendekatan dan terus berkembang, dibedakan menurut dasar ilmu serta sering dipertentangkan (Philips, 1987). Terdapat dua paradigma yang secara luas dibahas dalam literature, yaitu paradigma kualitatif dan paradigma kuantitatif (Philips, 1987; Reichardt & Cook, 1979; Webb, Beals, & White, 1986). Paradigm kuantitatif dinyatakan sebagai paradigma tradisional, positivist, eksperimental, atau empiris. Pemikiran kuantitatif berasal dari tradisi empiris yang dikembangkan para ahli seperti Comte, Mill, Durkheim, Newton, dan Locke (J. Smith, 1983). Paradigm kualitatif menyatakan pendekatan konstruktif atau naturalist (Lincoln & Guba, 1985), pendekatan interpretatif (J. Smith, 1985), atau sudut pandang postpositivist atau postmodern (Quantz, 1992). Pendekatan ini berawal sebagai tindakan balasan terhadap tradisi positivist di akhir abad 19 melalui para penulis seperti Dilthe, Weber, dan Kant (J. Smith, 1983).

Dalam HPSR, diperkenalkan dan dibahas tentang paradigm positivist, relativist, dan critical realism, sebagai beberapa terminologi yang menggambarkan tiga cara untuk melihat dan mencari tahu tentang permasalahan manusia dengan lingkungannya. Paradigma tersebut akan berpengaruh terhadap bagaimana cara peneliti memandang sebuah isu atau permasalahan dan kemudian menjadi acuan bagi peneliti untuk menetapkan dan memilih teori, metode atau pendekatan dalam menjalankan riset.

Elemen kunci dari paradigma pengetahuan yang diterapkan dalam HPSR

Paradigma pengetahuan pada riset akan mempengaruhi : jenis pertanyaan yang ditujukan, perspektif disiplin ilmu yang berkaitan, dan metode serta pendekatan inti riset yang digunakan peneliti.

Ketiganya akan berbeda manakala digunakan paradigma yang berbeda, apakah itu positivis, relativis atau di antaranya yaitu critical realism. Selengkapnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

2a4

Luasnya pemahaman tentang ilmu dan realitas sosial (yang dipengaruhi oleh politik, ideologi dan berbagai konteks lain), mendasari HPSR analysis dengan memperkenalkan pula perspektif causality, generalizability dan learning. Pada riset kebijakan dan sistem kesehatan, bila mengacu pada pemahaman sistem, maka jelas pengaruh konteks politik, ekonomi dan sosial pada skala lokal, nasional bahkan internasional tidak bisa ditepiskan.

2a42 

Untuk mengubah tuntutan menjadi sebuah kebijakan,misalnya, suatu sistem harus mampu mengatur penyelesaian-penyelesaian pertentangan atau konflik dan kemudian komitmen terhadap resolusi yang telah dihasilkan. Karena sistem kebijakan tersebut dibangun berdasarkan elemen-elemen yang mendukung sistem tersebut, maka dinamika berlangsungnya sistem tersebut akan bergantung pada interaksi antar berbagai subsistem. (David Easton, Analisis Sistem Politik dalam Mohtar Mas'oed dan Colin MacAndrews, Perbandingan Sistem Politik (Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2001) hal. 5-6.).

Pandangan tersebut dikuatkan oleh Ronald H. Chilcote(1981), dengan memberikan penjelasan tentang Teori Sistem Kebijakan dan Struktur Politik. Argumentasi yang dibangun adalah bahwa kebijakan merupakan suatu rangkaian logis yang terdiri dari input, proses dan output, dan dipengaruhi oleh infrastruktur politik dan suprastruktur politik. ( Ronald H. Chilcote, Teori Perbandingan Politik-Penelusuran Paradigma (PT Raja Grafindo Persada, Jakarta) 2004, edisi ke-2.

 

 Bahan belajar

http://ethesis.helsinki.fi/julkaisut/kay/kasva/vk/kerosuo/boundari.pdf

http://shura.shu.ac.uk/1759/1/Prof_Boundaries_FINAL_REPORT.pdf

http://www.jmpk-online.net/images/jurnal/2008/Vol_11_No_2_2008/03_mk_dumilah%20ayuningtyas.pdf

http://www.jmpk-online.net/images/jurnal/2009/Vol_12_No_3_2009/03_mk_dumilah.pdf

 

 Kegiatan pembelajaran
 

  1. Apakah anda telah menetapkan sebuah paradigm atau sudut pandang dalam proposal penelitian yang anda susun sebagai dasar untuk merancang strategi penelitian (jenis dan disain penelitian) serta sudut analisis anda terhadap temuan penelitian nantinya.
  2. Jelaskan pemahaman anda tentang paradigma yang digunakan dalam HPSR (positivism, realism, critical realism) dan apa implikasinya terhadap HPSR
  3. HPSR merupakan penelitian kebijakan kesehatan yang memandang sebuah permasalahan kesehatan tertentu secara sistemik, di dalam sebuah lingkungan yang dipengaruhi oleh konteks politik dan sosial. Apakah anda telah mempertimbangkan konteks tersebut sebagai dasar dalam menetapkan paradigma penelitian anda?

 

Jawaban dikirim ke pengelola dengan cara:
File ditulis dalam word dan diberi kode: XYYYM2A4.doc

Keterangan:

X       = nomor fasilitator anda.
YYY   = kode nama peserta
M2A4 = Modul2A4

 

  Kirim tugas ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

Jangan lupa memberi cc ke email setiap fasilitator yang telah ditunjuk untuk anda.

Tugas paling lambat dikirim tanggal 25 April 2013, jam 24.00