Kerangka Acuan Kegiatan Zoom Meeting

Pelatihan tentang Publikasi Jurnal Internasional

Rabu-Kamis, 14-15 dan 21-22 Juli 2021

  Latar Belakang

Mengatasi masalah kesehatan di Indonesia perlu dilakukan dengan berbagai upaya di berbagai level dari down-stream, middle-stream, hingga upper-stream. Saat ini, akademisi dan praktisi kesehatan dituntut untuk tidak hanya dapat memberikan layanan kesehatan di level down-stream tetapi juga middle- dan upper-stream. Disamping itu, kondisi kesehatan di Indonesia tidak seragam antar daerah, sehingga perlu ada arah kebijakan yang sesuai dengan konteks lokal masing-masing daerah.

Oleh karena itu, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) di dukung oleh World Health Organization (WHO) menggandeng beberapa mitra dari universitas lokal untuk mulai menggaungkan isu-isu kebijakan kesehatan dalam konteks wilayahnya masing-masing. PKMK telah membekali para mitra universitas ini dengan sejumlah pelatihan intensif dari mulai pelatihan penggunaan data sekunder, pelatihan analisis data, pelatihan penulisan policy brief, hingga pendampingan pelaksanaan policy dialogue dengan stakeholder terkait.

Menindaklanjuti pelatihan intensif tersebut, penting untuk membekali para mitra universitas tentang bagaimana mempublikasikan artikel penelitian dalam publikasi internasional. Tidak terbatas pada jurnal tetapi juga buletin. Mitra universitas, sebagai akademisi sendiri dan tidak memiliki pengalaman dalam menerbitkan artikel internasional membutuhkan berbagi pengetahuan ini setidaknya untuk menginspirasi mereka untuk menghasilkan tidak hanya artikel dengan kualitas suara tetapi juga dengan harapan di masa depan dapat mempublikasikan hasil kerja mereka secara internasional. Tidak hanya sebagai pengakuan atas karya mereka tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran tentang status kesehatan masyarakat Indonesia dan arah kebijakan kesehatan di tingkat internasional.

  Tujuan

Tujuan pelatihan ini adalah untuk membekali mitra universitas terkait bagaimana cara mempublikasikan artikel di jurnal international sehingga peserta memahami langkah-langkah dalam publikasi atrtikel di tingkat international.

  Peserta

Peserta kegiatan pelatihan ini adalah mitra universitas dari:

  1. Universitas Sumatera Utara
  2. Universitas Islam Malang
  3. UNIKA Atma Jaya
  4. Universitas Lampung
  5. Universitas Islam Indonesia

  Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan 4 kali pada pukul 13.00 – 15.00 WIB. Rincian kegiatan adalah sebagai berikut:

Hari, tanggal Topik pelatihan Narasumber
Rabu, 14 Juli 2021
13.00 – 15.00 WIB
  • Langkah-langkah publikasi makalah penelitian
  • Kiat untuk dipublikasikan
Tim peneliti PKMK dan FK-KMK UGM

Kamis, 15 Juli 2021
13.00 – 15.00 WIB

  • Menyiapkan makalah sesuai template jurnal
  • Di mana menerbitkan makalah penelitian

Rabu, 21 Juli 2021
13.00 – 15.00 WIB

  • Menyerahkan naskah ke jurnal
  • Memperkuat pengajuan
  • Memilih jurnal yang tepat

Kamis, 22 Juli 2021
13.00 – 15.00 WIB

  • Cara mengenali phishing atau jurnal predator
  • Sesi berbagi dengan para ahli

 

  Narahubung 

Widy Hidayah
Tlp: +6282122637003
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.