Kerangka Acuan Kegiatan Zoom Meeting

Penyusunan Modul Pengenalan Penggunaan Data Rutin,
Data Survei, dan Systematic Literature Review

Juni - Juli 2021

  Latar Belakang

Pembangunan kesehatan tidak dapat terlepas dari penggunaan data dan informasi kesehatan. Data kesehatan merupakan angka dan fakta kejadian berupa keterangan dan tanda-tanda, yang secara relatif belum bermakna bagi pembangunan kesehatan. Sedangkan informasi kesehatan merupakan data kesehatan yang sudah diolah dan diproses menjadi bentuk yang bermakna dan bernilai bagi pengetahuan dan pembangunan kesehatan. Salah satu sumber data dan informasi kesehatan ini adalah data yang dikumpulkan secara rutin.

Data rutin dikumpulkan secara teratur oleh penyelenggara fasilitas pelayanan kesehatan, instansi pemerintah daerah, dan instansi pemerintah melalui pencatatan dan pelaporan atau cara lain. Data ini dapat memberikan gambaran mengenai status kesehatan masyarakat, status pelayanan kesehatan, dan sumber daya kesehatan. Selain itu, data rutin juga digunakan untuk monitoring dan evaluasi sehingga proses update data pada umumnya cepat. Penggunaan data ini sangat penting untuk tujuan penguatan sistem kesehatan dalam konteks mencapai cakupan kesehatan universal dan tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Salah satu komponen penting penguatan sistem kesehatan terletak pada penggunaan data dan informasi kesehatan untuk perencanaan program, monitoring dan evaluasi kegiatan, penyusunan analisis kebijakan, proses advokasi kebijakan, serta pengambilan keputusan. Pada masa pandemi COVID-19 ini, kebutuhan untuk pengambilan keputusan secara cepat, tepat dan real time sangat besar sehingga penggunaan data rutin sangat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan kebijakan kesehatan.

Data rutin juga dapat digunakan sebagai bahan untuk penelitian mahasiswa S2, terutama di bidang studi yang berkenaan dengan kebijakan dan manajemen pelayanan kesehatan. Selain itu, tesis mahasiswa juga dapat menggunakan data survei yang bersifat terbuka (publicly available). Mengingat pentingnya penggunaan data rutin, maka perlu dibuat sebuah sistem pembelajaran yang mengarahkan peserta didik dalam mendalami berbagai data rutin dan survey yang tersedia untuk tujuan mengolah, menganalisis, dan menggunakan data tersebut dalam penelitian mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga perlu dikenalkan dengan bentuk tesis lainnya, di antaranya adalah systematic literature review ataupun scoping review yang juga bermanfaat dalam memberi masukan untuk proses perbaikan dan penyusunan kebijakan Kesehatan. Oleh karena itu, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK UGM menginisiasi penyusunan sebuah modul pembelajaran terkait penggunaan data rutin, data survey, dan pengenalan systematic literature review serta scoping review.

  Tujuan Umum

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyusun modul pembelajaran terkait pengenalan dan penggunaan data rutin untuk penelitian terkait kebijakan dan manajemen pelayanan kesehatan.

  Tujuan Khusus

  1. Menyediakan materi pembelajaran terkait pengenalan data rutin dan survey yang dapat digunakan oleh pengajar sebagai pedoman pengajaran dan materi bahan ajar.
  2. Menyediakan materi pembelajaran terkait penggunaan data rutin dan survey sebagai bahan rujukan pembelajaran bagi peserta didik.
  3. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam belajar mandiri.
  4. Menjadi sarana evaluasi bagi peserta didik sejauh mana penguasaannya terhadap materi yang telah dipelajari.

Luaran Kegiatan

  1. Tersusun modul pembelajaran terkait penggunaan data rutin.
  2. Pengintegrasian modul pembelajaran penggunaan data rutin ke dalam sistem Gadjah Mada Medical eLearning (GAMEL).

  Tim Penyusun dan Topik Modul

No. Penyusun Topik Modul 
1

dr. Tiara Marthias, MPH

  • Pengenalan terhadap modul
2 Insan R. Adiwibowo, M.Sc
  • Pengenalan DaSK kesehatan
  • Contoh analisis menggunakan data rutin
3 dr. Tiara Marthias, MPH
  • Pengenalan data survei di Indonesia
  • Contoh analisis menggunakan data survei di bidang Kesehatan
4 Hermawati Setiyaningsih, S.Si
  • Pengenalan data Susenas
  • Contoh analisis menggunakan data Susenas
5 Monita Destiwi, MA
  • Case study analisis layanan KIA menggunakan data rutin
  • Penyusunan policy brief dari hasil analisis menggunakan data rutin di bidang KIA
6 Widy Arini Nur Hidayah, MPH
  • Pengenalan tentang systematic literature review di bidang kesehatan masyarakat
  • Hal-hal penting yang perlu diketahui dalam penyusunan systematic literature review

 

  Narahubung 

Widy Hidayah
Tlp: +6282122637003
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.