Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat dan
Departemen Kebijakan & Manajemen Kesehatan
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM
Menyelenggarakan

Seminar
Apakah Virus Menjadi Ancaman Terbesar Umat Manusia di Muka Bumi Ini?

Rabu, 4 Maret 2020

  Latar Belakang

Perubahan iklim dan peningkatan resistensi anti mikroba telah mendorong peningkatan munculnya new-emerging diseases dan re-emerging diseases yang berpotensi pandemik dengan karakteristik risiko kematian yang tinggi dan penyebaran yang sangat cepat. Globalisasi yang mengakibatkan peningkatan mobilitas manusia dan hewan lintas negara serta perubahan gaya hidup manusia juga telah berkontribusi mempercepat proses penyebaran wabah menjadi ancaman keamanan kesehatan global.

Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020 menyatakan bahwa terdapat dua WNI di Indonesia yang positif terjangkit virus Corona. Jokowi menyebut dua orang warga negara Indonesia (WNI) yang ini tertular dari kontak dengan warga negara Jepang yang positif Corona dan sedang mengunjungi Indonesia beberapa waktu lalu. Saat ini, dua WNI tersebut telah dibawa ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta.

Virus corona ini bahkan telah membuat Pemerintah Arab Saudi menangguhkan perjalanan umrah, yang tentunya berpengaruh pada masyarakat yang hendak melaksanakan umrah maupun bisnis baik dari sisi biro perjalanan, perbankan, dan bahkan usaha mikro kecil menengah yang menjadi penunjang.

Dari konteks nasional, pertemuan ini diharapkan dapat mendorong penguatan ketahanan kesehatan nasional dan lebih meningkatkan kerja sama lintas sektor dalam menghadapi ancaman virus.

  Tujuan

  1. Membahas perilaku virus yang dalam dekade terakhir mengguncangkan perekonomian global
  2. Mendiskusikan perkembangan terbaru virus dan penyakit menular
  3. Membahas penguatan Global Health Security di Indonesia

  Narasumber

Prof. Amin Soebandrio PhD (Direktur Lembaga Eijkman)

materi

dr. Dicky Budiman MScPH PhD (Can) (Griffith University Australia)

materi

Fasilitator: dr. Yodi Mahendradhata PhD (Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengembangan FK - KMK UGM)

  Narahubung

Siti (08112545352)
Heny (08157936822)