Kerangka Acuan Kegiatan

PEMBUATAN KONTEN MULTIMEDIA

  Latar Belakang

Penggunaan internet secara luas menjadi salah satu media yang sangat baik dalam menyampaikan informasi. Terlebih di masa sekarang dimana penggunaan media sosial berkembang sangat pesat dan menjadikan segala jenis informasi berada dalam genggaman tangan. Namun, dengan semakin banyaknya pihak yang menyampaikan informasi dan pesan melalui media sosial, informasi menjadi tertumpuk dan hanya yang paling menarik saja yang akan dilihat dan lebih sedikit lagi jumlahnya yang akan dibaca oleh pengguna media sosial. Hal ini menuntut kita untuk dapat menyuguhkan informasi yang tidak hanya bermanfaat tetapi juga menarik perhatian target audiens sehingga mendorong mereka untuk melihat kemudian membacanya.

Terlebih lagi, setiap orang memiliki gaya belajar dan cara mengolah informasi yang unik dan berbeda-beda antara satu dan lainnya. Tidak semua orang belajar dengan membaca, ada juga yang belajar dengan praktik, menonton, mendengarkan, ataupun kombinasi dari beberapa cara yang ada. Oleh karena itu, dalam menyampaikan sebuah pesan atau informasi diperlukan media yang tepat sehingga mampu menyampaikan pesan kepada target audiens.

Konten multimedia dapat dijadikan sebagai peluang untuk menarik perhatian target audiens dengan memanfaatkan gaya-gaya belajar tersebut serta menciptakan pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu, otak manusia cenderung memproses informasi visual jauh lebih cepat daripada memproses informasi teks, sehingga konten multimedia merupakan salah satu cara yang jitu untuk menarik perhatian audiens. Multimedia merupakan bentuk komunikasi yang menggabungkan beberapa komponen yang berbeda seperti suara, tulisan, gambar, animasi, ataupun video dalam sebuah presentasi atau media informasi.

Bersamaan dengan itu, upaya untuk mengatasi permasalahan kesehatan juga harus terus dilakukan. Saat ini Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK - KMK UGM didukung oleh World Health Organization (WHO) tengah menginisiasi serangkaian kegiatan penguatan dan pengembangan kebijakan kesehatan. Penggunaan konten multimedia dalam kegiatan ini dapat menjadi jembatan penghubung untuk menyampaikan pesan ataupun informasi kebijakan kesehatan baik kepada tenaga kesehatan, peneliti, akademisi, maupun masyarakat umum.

  Tujuan

  1. Menyusun konsep konten multimedia dengan mengangkat isu kesehatan prioritas
  2. Membuat konten multimedia sebagai media dalam menyampaikan informasi kebijakan kesehatan

  Target Tujuan Publikasi

  1. Website kesehatan-ibuanak.net
  2. Media sosial seperti instagram PKMK ataupun kolaborasi dengan akun-akun penggiat kesehatan
  3. Masyarakat secara langsung melalui kegiatan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) seperti Posyandu
  4. Media potensial lainnya

  Target Audiens

  1. Tenaga kesehatan
  2. Peneliti, akademisi
  3. Masyarakat umum

  Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan sepanjang program berlangsung. Produk dari kegiatan ini dapat digunakan selama isi konten masih relevan dengan konteks/ situasi/ kondisi yang ada.

  Narahubung 

Widy Hidayah
Tlp: +6282122637003
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.