Indonesia Belum Berhasil Eradikasi Penyakit Kusta

Jakarta — Indonesia belum bisa benar-benar melakukan eradikasi atau menghentikan penularan penyakit kusta, meskipun telah berhasil mencapai tahap eliminasi penyakit tersebut, kata pejabat Kementerian Kesehatan.

"Kami sudah berhasil mencapai tahap eliminasi kusta sejak 12 tahun lalu, tapi belum berhasil melakukan eradikasi. Memang pada dasarnya, kalau jumlah kasus tidak lagi terlalu besar, upaya menghilangkannya sama sekali bukanlah tugas yang ringan, bahkan lebih berat dari upaya menurunkan jumah kasus dari besar sekali menjadi sedikit," kata Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama di Jakarta, Kamis (13/9)

Dalam Pertemuan Nasional 25 tahun Penanggulangan Kusta di Indonesia yang berlangsung Rabu (12/9) di Bali, Tjandra mengatakan program penanggulangan penyakit kusta di Indonesia telah mengalami perkembangan seperti adanya komitmen pemerintah yang memasukkan kusta sebagai salah satu program prioritas.

Selain itu, pemerintah disebut Tjandra juga telah menyediakan SDM secara konsisten dan memiliki keahlian memadai dan didukung dengan pelatihan berkala, begitu juga dengan terbentuknya Aliansi Nasional Eliminasi Kusta (ANEK) tingkat provinsi dan juga Aliansi Daerah Eliminasi Kusta (ADEK) tingkat kabupaten/kota.

Ia mengakui penanggulangan kusta masih akan membutuhkan kerjasama lintas program kesehatan, kerjasama lintas sektor dalam ruang lingkup Koordinator Kesejahteraan Rakyat maupun inovasi baru seperti program profilaksis yang sedang dilakukan di Sampang, Madura.

(harianterbit.com)