Jakarta Berpeluang Jadi Pusat Medical Tourism

Sayangnya, rumah sakit yang ada di Indonesia belum mampu memenuhi standar kesehatan yang diinginkan oleh masyarakat modern.

Jakarta berpeluang menjadi pusat medical tourism dengan rumah sakit berteknologi tinggi dan pelayanan yang berkualitas. Demikian dikatakan Rizal Sini, Komisaris Utama PT Bundamedik.

"Kesadaran masyarakat khusus nya yang tinggal di kota-kota besar Indonesia terhadap kesehatan begitu tinggi sehingga menuntut tersedianya fasilitas kesehatan dan kedokteran berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Ini peluang besar bagi rumah sakit di Jakarta, sekaligus menjadikan kota ini sebagai pusat medical tourism," kata Rizal Sini di Jakarta, Rabu (5/9).

Dia menjelaskan, kesadaran kesehatan di masyarakat modern saat ini sudah tak sekadar tindakan pasif semata yaitu mengobati bila sudah terkena suatu penyakit ter tentu saja, namun telah berevolusi menjadi sebuah tindakan aktif dalam bentuk preventif.

"Mereka melakukan pemeriksaan-pemeriksaan rutin demi memantau riwayat kesehatan hingga terdeteksi lebih dini penyakit yang mungkin ada," lanjut Rizal.

Sayangnya, lanjut Rizal, sepertinya rumah sakit yang ada di Indonesia terutama di Jakarta belum mampu memenuhi standar kesehatan yang diinginkan oleh masyarakat modern.

Akibatnya, sesal Rizal, mereka memilih berobat ke luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, dan China, yang dianggap memiliki fasilitas kesehatan dan kedokteran terlengkap dengan didukung dokter-dokter berpe- ngalaman.

Indonesia, kata Rizal, telah kehilangan triliunan rupiah per tahun atas biaya medis yang dikeluarkan masyarakatnya di luar negeri. Menurut WHO, tahun 2010 angka ini berkisar sekitar Rp 7 triliun per tahun.

Fenomena ini mendasari Bundamedik Healthcare System segera meresmikan RSU Bunda Jakarta di Menteng, Jakarta Pusat, pada 12 September mendatang.

Peresmian rumah sakit yang menerapkan Robotic Surgery yang pertama di Indonesia ini akan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi.

Pada kesempatan ini juga sekaligus diresmikan kawasan Menteng Healthcare Boulevard Sentra diagnostik yaitu Bunda Philips International Radiodiagnostic Center yang akan dibuka oleh HE Ambassador Belanda.

"Sudah selayaknya kota Jakarta menjadi ikon baru dalam pelayanan perumahsakitan yang berkualitas dan menjadi sebagai pusat medical tourism seperti layaknya negara-negara tetangga, terutama untuk pasar domestik/nasional,"ujar Rizal. (Beritasatu.com)