Penyakit Tak Menular, Penyebab Kematian Terbanyak di Indonesia

Meliputi stroke, hipertensi, diabetes, kanker dan penyakit paru obstruktif kronis.

Salah satu masalah kesehatan yang mendesak di Indonesia adalah meningkatnya jumlah kasus penyakit tidak menular (PTM) yang merupakan penyebab kematian terbanyak di Indonesia.

Demikian yang dikemukakan oleh Tjandra Yoga Aditama, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), di Jakarta, Selasa (28/8).

Kemenkes mencatat, kematian akibat PTM meningkat dari 41,7% pada tahun 1995, menjadi 49,9% pada tahun 2001, dan 59,5% pada tahun 2007.

Penyebab kematian tertinggi dari seluruh penyebab kematian adalah stroke (15,4%), disusul hipertensi, diabetes, kanker, dan penyakit paru obstruktif kronis. "Kematian akibat PTM terjadi di perkotaan dan perdesaan," jelas Tjandra.

Selain itu, Indonesia juga masih harus berjuang mengatasi wabah flu burung.

Perlu diketahui, hingga pertengahan Agustus 2012, sudah ada 191 kasus positif flu burung di Indonesia dengan 159 kematian.

Jumlah tersebut merupakan jumlah tertinggi di dunia dengan korban meninggal akibat flu burung mencapai lebih dari 300 orang. Sungguh memrihatinkan! (beritasatu.com)