Sistem Pelayanan Kesehatan di RI Masih Belum Dijamin

JAKARTA - Ketua Panitia Dies Natalis Universitas Indonesia (UI) Ratna Dwi Retuti mengatakan saat ini sistem pelayanan kesehatan di Indonesia masih belum dijamin sepenuhnya oleh penjamin dana kesehatan.

"Menurut rencana pada 2014, Sistem Jaminan Kesehatan Nasional (SJKN) akan diberlakukan untuk menjamin dana kesehatan," ujar Ratna, saat orasi ilmiah, di Aula FKUI Salemba, Jakarta, Rabu (27/2/2013).

Ratna menambahkan, perubahan era penjaminan kesehatan tersebut tentu memerlukan kesiapan seluruh komponen pelaku kesehatan. Baik pada pasien, dokter dan tenaga kesehatan lain, serta Fakultas Kedokteran sebagai institusi yang menyiapkan tenaga dokter.

"Orasi ilmiah kali ini akan mengupas hal-hal yang berkaitan dengan sistem jaminan kesehatan khususnya dari perspektif Fakultas Kedokteran dan dokter," tambahnya.

"Harapannya semoga kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem pelayanan kesehatan baik dari segi kuantitas, jangkauan pelayanan maupun kualitas pelayanan," tuturnya.

Sekadar informasi, lulusan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melakukan orasi ilmiah yang merupakan salah satu kegiatan yang diadakan secara tiap rutin setiap tahun dalam rangka Dies Natalis Universitas Indonesia (UI) di Tingkat Fakultas Kedokteran yang ke-63.

(sumber: economy.okezone.com)