Ebola Mereda, CDC Minta Dunia Tetap Waspada

Jumlah kasus virus Ebola di Afrika Barat tidak mencapai prediksi terburuk Pusat Pengontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). Namun CDC menegaskan, hingga angka kasus turun ke nol, dunia masih tetap dalam bahaya.

Berbicara pada awak media setelah mengunjungi Liberia, Guinea dan Sierra Leone, Kepala CDC Tom Frieden mengaku menyaksikan momentum dan perkembangan menggembirakan dalam perang melawan Ebola.

"Ini akan menjadi pertarungan panjang, namun saya berharap kita semua akan melihat perkembangan selanjutnya. Tantangan kita adalah tidak berpuas diri dan tetap waspada," ucap dia, seperti dikutip CNN, Senin (22/12/2014).

Pekan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan jumlah kematian akibat Ebola mencapai 6.915, dengan total kasus lebih dari 18.600.

CDC pernah memprediksi kasus Ebola dapat mencapai 550 ribu pada Januari 2015. Frieden menjelaskan: "Proyeksi yang dirilis beberapa bulan lalu itu dapat terjadi jika kita tidak merespon cepat virus Ebola - faktanya komunitas dunia sudah berbuat banyak hingga saat ini."

Frieden mengatakan harapan terbesar datang dari Liberia. Relawan di negara tersebut sudah mulai mampu mengungguli penyebaran Ebola. "Ini terjadi karena Liberia menerapkan pendekatan Rapid Isolation and Treatment for Ebola," tutup dia.

sumber: http://internasional.metrotvnews.com