Kemenkes Kirim Peralatan Kesehatan Lingkungan Guna Mencegah Penyebaran Penyakit

Lombok, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Kesehatan Lingkungan ( Kesling) mengirimkan sembilan peralatan bantuan kepada korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bantuan tersebut berupa disinfektan air sebanyak 5 ribu tablet, masker non kain dan safety box 5110 pcs, polibeg ramah lingkungan, polibeg limbah medis, dan polibeg biasa sebanyak 4.750 lembar, kaporit 100 kg, penjernih air cepat 9 ribu sachet, dan APD kit food handler sebanyak 30 set. Barang didistribusikan ke 8 Puskesmas di Kabupaten Lombok Utara pada Minggu (12/8) melalui Dinas Provinsi NTB.

"Dengan adanya bantuan ini, diharapkan tidak terjadi masalah kesehatan pada warga korban bencana gempa," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Widyawati melalui rilis yang diterima Gatra.com pada Senin (13/8).

Distribusi tersebut merupakan aktivitas lanjutan yang sebelumnya telah dilakukan. Sebelumnya, Kemenkes telah mengirimkan obat sebanyak 3,5 ton dan PMT 2 ton dan telah sampai di Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara. Setiap Puskesmas atau pos kesehatan pengganti Puskesmas dipastikan telah mendapatkan bantuan.

Pada Minggu (12/8), Sekretaris Jenderal Kemenkes, Untung Suseno Sutarjo mengunjungi korban gempa di Lombok sekaligus meninjau RSUD Tanjung yang roboh akibat gempa. Ia melihat penanganan seluruh pasien dilakukan di pos kesehatan. Sedangkan bagi yang memerlukan penanganan intensif dan rawat inap akan segera dirujuk ke RSUD di luar Kabupaten Lombok Utara seperti RSUD Mataram.

sumber: https://www.gatra.com/rubrik/kesehatan/337746-Kemenkes-Kirim-Peralatan-Kesehatan-Lingkungan-Guna-Mencegah-Penyebaran-Penyakit