dr. Anjar Asmara, Dekan FK Unaya: Tak Perlu Dokter Luar, Dokter Aceh Sama Bagusnya!

BANDA ACEH - Pengamat Kesehatan Universitas Abulyatama (Unaya) Aceh Besar, dr Anjar Asmara menyampaikan banyak dokter di Aceh, memiliki kualitas di atas rata –rata. Maka itulah wacana mendatangkan dokter dari luar Negeri sebaiknya dikesampingkan oleh Pemerintah Aceh.

Sebelumnya ada wacana Pemerintah Aceh mendatangkan dokter luar negeri untuk ditempatkan di sejumlah rumah sakit di Aceh guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Ini program terlalu muluk. Banyak sekali dokter di sini yang kualitasnya sama seperti mereka yang ada di luar negeri, tinggal diberdayakan saja," kata dr Anjar Asmara, Sabtu (13/4).

Dirinya menyatakan, tidak setuju jika ada anggapan yang menyebutkan kualitas dokter di Aceh dan Indonesia umumnya masih di bawah rata – rata dokter yang ada diluar negeri.

Namun kalau dari segi fasilitas kesehatan di rumah sakit memang sedikit tertinggal, namun saat ini sejumlah rumah sakit di Aceh dan Indonesia umumnya juga sudah memiliki peralatan cukup canggih, tidak kalah dengan apa yang dimiliki rumah sakit luar negeri.

Setiap tahunnya, Indonesia melahirkan ribuan tenaga kesehatan seperti dokter bahkan banyak di antara mereka bekerja di berbagai rumah sakit di luar negeri.

"Unaya saja sudah melepas sebanyak 527 orang dokter. Mereka sudah menyebar di seluruh Indonesia," kata dia.

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unaya ini melanjutkan bahwa pada Sabtu kemarin, ada sekitar 174 orang lulusan Unaya mengikuti pengambilan sumpah dokter. Mereka diharapkan nantinya bisa menyebar ke seluruh Indonesia."Kita arahkan mereka menjadi dokter keluarga," ujarnya. [1-jpnn]

(sumber: www.theglobejournal.com)