Grup Ciputra Tidak akan Bangun RS di Luar Perumahan

image: koranindonesia.comJakarta, PKMK. Dalam mengembangkan Ciputra Hospital di sejumlah kota, Grup Ciputra tidak akan memilih lokasi di luar perumahan. Lokasi Ciputra Hospital akan selalu di dalam perumahan yang telah dikembangkan Grup Ciputra. "Sebab, kami membangun rumah sakit bukan sekadar untuk bisnis, namun untuk melayani warga perumahan kami," jelas Tulus Santoso, Direktur PT Ciputra Development (8/5/2013). Kini Grup Ciputra dalam persiapan membangun Ciputra Hospital di Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat. Sebelumnya, di Perumahan Citra Raya, Tangerang, Ciputra Hospital yang lain telah berdiri. "Kami telah membangun sekitar 30 perumahan se-Indonesia dan sedang melakukan riset untuk mengetahui perumahan mana yang sesuai untuk Ciputra Hospital," kata dia. Apakah Ciputra Hospital akan ada di setiap perumahan itu? Jawabannya tidak harus demikian. Sebab, pembangunan Ciputra Hospital ditentukan oleh potensi pasar dan kondisi setempat. Tatkala di sekeliling perumahan itu sudah banyak rumah sakit, Ciputra Hospital tentu tidak perlu dibangun di sana.

Selain menambah kelengkapan fasilitas perumahan, Ciputra Hospital mendatangkan keuntungan lain. Antara lain, recurring income atau pendapatan berulang di Grup Ciputra bisa bertambah. Saat jumlah Ciputra Hospital sudah banyak, recurring income yang diperoleh semakin dirasakan. "Kemudian, beberapa aspek manajemen pengelolaan Ciputra Hospital juga bisa disinergikan dengan unit bisnis properti kami," ujar Tulus lagi.

Akankah masuknya developer properti ke bisnis rumah sakit kian menjadi tren? Jika satu developer mempunyai sumber daya manusia yang memadai, bisa saja mereka pun masuk ke bisnis rumah sakit. Itu untuk melengkapi bisnis mereka. Namun yang jelas, bisnis rumah sakit merupakan satu investasi jangka panjang dan hal itu harus diperhitungkan oleh developer.