EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL COMMUNITY MENTAL HEALTH NURSING
TERHADAP KEMAMPUAN HIDUP PASIEN GANGGUAN JIWA
DAN KELUARGANYA DI WILAYAH DKI JAKARTA

Budi Anna Keliat1, Made Riasmini2, Novy Helena, C.D.3

Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia


 Latar Belakang

Hasil riset kesehatan dasar nasional (2007), menggambarkan prevalensi gangguan jiwa berat lebih tinggi dari angka dunia. DKI Jakarta mempunyai prevalensi tertinggi untuk gangguan jiwa berat (2.03%) dan belum mendapat penanganan (treatment gap), karena tidak ada pelayanan kesehatan jiwa yang diberikan di puskesmas
 

 Tujuan

Memperoleh gambaran tentang efektifitas penerapan model community mental health nursing (CMHN) dalam meningkatkan kemampuan hidup pasien gangguan jiwa dan keluarganya di wilayah DKI Jakarta.
 

 Metode

Desain penelitian menggunakan "Quasi experimental pre-post test with control group" dengan intervensi CMHN. Sampel penelitian menggunakan total sampling yaitu keluarga yang mempunyai anggota keluarga dengan gangguan jiwa di 22 puskesmas wilayah DKI Jakarta. Jumlah sampel sampai akhir penelitian sebanyak 98 responden kelompok intervensi dan 95 responden kelompok kontrol.Analisis data menggunakan uji statistik independent t-test, uji Anova, uji korelasi Pearson, uji chi-square dan paired t-test
 

 Hasil

Hasil penelitian diperoleh kemampuan hidup (kemandirian dan waktu produktif) pasien meningkat secara bermakna setelah penerapan model CMHN, serta berhubungan secara bermakna dengan kualitas hidup pasien. Kemampuan kognitif dan psikomotor keluarga meningkat secara bermakna , beban keluarga dalam merawat pasien menurun secara bermakna pada kelompok intervensi, serta kemampuan psikomotor berhubungan secara bermakna dengan kepuasan keluarga merawat pasien (p-value≤0.05).
 

 Kesimpulan

Penerapan model community mental health nursing (CMHN) dengan 12 kali kunjungan rumah meningkatkan kemampuan hidup (kemandirian dan waktu produktif) pasien gangguan jiwa dan kemampuan keluarganya merawat pasien di wilayah DKI Jakarta.
 

 Saran

Penerapan CMHN di pelayanan primer (Puskesmas) sehingga pasien gangguan jiwa mendapatkan pelayanan yang memungkinkan mereka mandiri dan produktif.

Kata Kunci : CMHN, Pasien, Keluarga, Kemampuan hidup pasien, Kemampuan merawat keluarga

Powerpoint