mdg4-5Pemetaan Intervensi  (Hulu-Hilir)


      

Mengunakan pendekatan komprehensif untuk mengurangi kematian ibu dan anak. Pendekatan komprehensif ini menggunakan prinsip continuum of care dari hulu kehilir. Intervensi di hulu terkait dengan program KB, perbaikan gizi, wanita, dan social ekonomi. Intervensi dihilir adalah bagaimana meningkatkan mutu pelayanan klinik untuk ibu dan anak di rumah sakit. Sejak tahun 2009, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK UGM mengembangkan berbagai program intervensi inovasi di dalam KIA secarakomprehensif.

      

Tujuan program intervensi adalah untuk mengurangi kematian ibu dan bayi. Para pembaca web ini dapat klik untuk mempelajari berbagai pengembangan inovatif, dan juga intervensi-intervensi lainnya. silahkan klik http://kesehatan-ibuanak.net 

Berdasarkan analisis kebijakan, dilakukan kegiatan untuk mencari kebijakan di masa mendatang (analysis for policy). Prinsip yang dipergunakan adalah:

  1. Menggunakan pendekatan dari Hulu ke Hilir. Kebijakan dan program KIA dapat dibayangkan sebagai sebuah model hulu yang berisikan program-program preventif dan promotif yang banyak menggunakan pendekatan lintas sector (One Health) dan determinan social. Hilirnya adalah kegiatan-kegiatan klinis.
  2. Menggunakan jumlah kematian absolut sebagai indikator kinerja program KIA. Angka Rates akan dipergunakan sebagai cross-check dan dilakukan dalam dua pendekatan: (1) berdasarkan data dari angka absolut; dan (2) berdasarkan data survey.
  3. Menggunakan filosofi utama dalam kebijakan KIA yaitu mengembalikan “sense of urgency” dan adanya “peningkatan adrenalin” dalam program. Untuk itu diperlukan penggunaan surveilans-respon kematian ibu dan anak. Kematian ibu dan anak yang tidak perlu (avoidable) harus dapat dicegah.
  4. Memperbaiki perencanaan dan monitoring dan evaluasi dengan menggunakan pendekatan Kebijakan Berbasis Bukti (Evidence Based Policy).

Tujuan program intervensi adalah untuk mengurangi kematian ibu dan bayi. Para pembaca web ini dapat untuk mempelajari berbagai pengembangan inovatif, dan juga intervensi-intervensilainnya.


back kembali ke halaman PAKET KEBIJAKAN UNTUK PENURUNAN KEMATIAN IBU DAN BAYI DI INDONESIA


mdg4-5Pengantar Paket Kebijakan Untuk Mengurangi Kematian Ibu dan Bayi di Indonesia

mdg4-5 Analisis Kebijakan Ibu dan Anak Di Indonesia

mdg4-5 Policy Brief dengan Pendekatan Pemetaan Intervensi Hulu Hilir