BPJS itu Juru Bayar Pemerintah atau Lembaga yang Melakukan Strategic Purchasing?

Pada Diskusi yang menarik mengenai apakah BPJS Juru Bayar Pemerintah atau Purchaser yang strategic, pada tanggal 30 Agustus 2016 di Laboratorium Leadership, Gedung IKM, FK UGM. Prof. Dr. Laksono Trisnantoro, MSc.,Ph.D menjelaskan mengenai apa itu strategic purchasing? dan mengapa perlu ada strategic purchasing?

Selanjutnya Pembicara Kedua, Dr. dr. Dwi Handono Sulistyo, M.Kes menjelaskan mengenai dasar dan implementasi dari Principal-Agent Relationship dalam strategic purchasing di Indonesia.

Beberapa hal menarik yang dirangkum dalam diskusi ini antara lain:

  • BPJS sangat perlu menerapkan konsep strategic purchasing dalam proses kredensialing dan kontrak untuk meningkatkan mutu pelayanan, berdasarkan data yang disebutkan dari 9 ribu Puskesmas yang ada, baru seribu Puskemas yang memenuhi standar sebagai provider dan mitra BPJS (data Kemenkes 2016)
  • BPJS perlu melakukan monitoring pada bagaimana provider dibayar dan layanan yang diberikan
  • Principal dan Agent sama-sama memiliki interest dan kepentingan masing-masing
  • Peran Dinas Kesehatan dan Organisasi Profesi dalam hubungan Principal-agent perlu diperjelas
  • Hasil dari kajian resyst pada 4 bulan awal implementasi JKN, proses kredensialing lebih dominan dilakukan pada fasilitas kesehatan swasta dari pada fasilitas kesehatan pemerintah yang biasanya cenderung akan dikontrak.
  • Hanya regulator (pemerintah) yang bisa menyusun regulasi terkait layanan, principal wajib melakukan monitoring dan evaluation pada agent yang diberikan mandat olehnya.
  • BPJS Kesehatan tidak se-fleksibel organisasi swasta dalam menerapkan prinsipal agent relationship karena selain sebagai prinsipal bagi provider-provider yang dikontraknya, BPJS juga sebagai agent dibawah pemerintah, dan tidak memiliki wewenang dalam membuat aturan yang tidak selaras dengan kebijakan diatasnya (undang-undang/permenkes)
  • BPJS telah berusaha menjadi aktif purchaser dalam segala keterbatasannya tersebut

Pertemuan selanjutnya dalam Diskusi Masyarakat praktis strategic purchasing pada tanggal 20 September 2016 akan menjelaskan mengenai hubungan Pemerintah dan Purchaser yang akan disampaikan oleh Dr. drg. Yulita Hendrartini M.Kes.,AAK

Pemaparan Prof. dr. Laksono Trisnantoro, MSc, PhD

Sesi Diskusi
Pemaparan Dr. dr. Dwi Handono Sulistyo, MKes
Sesi Diskusi
Download Materi Presentasi

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh