Reportase World Health Summit - Regional Meeting 2024

"Shaping the future of health across Asia and the Pacific"

Melbourne, 22-24 April 2024

22apr 2Pertemuan Regional KTT Kesehatan Dunia 2024 yang diselenggarakan oleh Monash University berfokus pada kesehatan masa depan di Asia Pasifik, mengeksplorasi bagaimana sains, inovasi, dan kebijakan dapat bersatu untuk mengatasi tantangan kesehatan paling kritis di kawasan kita.

Pertemuan Regional 2024 berfokus pada pembentukan masa depan kesehatan di seluruh Asia dan Pasifik. Selama tiga hari, kurang lebih 200 pembicara yang berasal dari 40 negara dan dari berbagai sektor, disiplin ilmu dan budaya berbagi pengetahuan, mengkatalisasi kemitraan baru, menginspirasi peluang penelitian baru, dan mengeksplorasi kebijakan yang dapat memberikan dampak yang terukur dan bermakna pada hasil kesehatan. Peserta ditantang untuk mempertimbangkan pertanyaan: Apa yang diperlukan untuk mencapai dan mempertahankan kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik bagi orang-orang di Asia-Pasifik selama 5-10 tahun ke depan? Apa kekuatan yang tersedia untuk membangun? Serta sistem apa yang perlu diubah atau berkembang?

Beberapa sesi penting dalam konferensi ini membahas tentang:

From Climate Change Evidence to Action: Accelerating pathways for healthy people and a healthy planet

Perubahan iklim adalah tantangan global yang membutuhkan koordinasi di tingkat regional. Kawasan Asia Pasifik sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim, termasuk naiknya permukaan laut, peristiwa cuaca ekstrem, dan perubahan pola curah hujan. Selain itu, masalah lingkungan seperti polusi udara sering melampaui batas negara. Kolaborasi regional sangat penting untuk mengembangkan strategi adaptasi dan mitigasi untuk mengatasi dampak ini secara efektif. Sesi ini membahas bagaimana memperkuat kolaborasi dan kemitraan regional dalam kesehatan lingkungan di kawasan Asia Pasifik. Ini juga akan mengatasi tantangan lingkungan bersama, mempromosikan pembangunan berkelanjutan, untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan generasi sekarang dan masa depan. Secara khusus, untuk regional Asia Pasifik, dampak perubahan iklim sangat mengancam kelompok-kelompok masyarakat yang termarginalkan termasuk kelompok masyarakat adat yang rentan. Beberapa pembicara menyoroti bagaimana ancaman perubahan iklim utama yang berdampak pada masyarakat adat, contoh tanggapan masyarakat adat terhadap ancaman perubahan iklim, serta apa yang dapat dilakukan masyarakat internasional untuk mendukung masyarakat adat dalam menanggapi ancaman perubahan iklim.

Geopolitics and Health: Achieving equity in a divided world

Di dunia yang semakin terpolarisasi, konsensus tentang isu-isu global menjadi semakin sulit dipahami, dan ketidakadilan dalam akses ke perawatan kesehatan semakin melebar. Dalam mengatasi tantangan kritis zaman ini, kita harus mempertimbangkan pendekatan baru yang bergerak melampaui keterbatasan sistem multilateral global saat ini, yang sering berjuang untuk mengatasi tantangan kesehatan yang kompleks secara efektif dalam pengaturan yang beragam, menuju model yang mendukung pemberdayaan lokal dan menyelaraskan lebih dekat dengan kebutuhan aktual populasi. Memastikan bahwa pemberian layanan kesehatan dilakukan dengan cara yang tidak memihak dan netral, secara konsisten selama masa krisis dan perdamaian, adalah kunci untuk mencapai tujuan ini.

Dalam rangka mengimplementasikan agenda transformatif ini, penguatan mekanisme regional dan aliansi plurilateral dengan keterlibatan yang kuat dari masyarakat sipil dan akademisi akan sangat penting. Masyarakat sipil menawarkan wawasan dan advokasi akar rumput, memastikan bahwa inisiatif kesehatan tetap fokus pada kebutuhan masyarakat yang paling mendesak sambil menjaga dari pengaruh bias lokal. Demikian pula, akademisi menyumbangkan kerangka kerja berbasis bukti dan analisis kritis, memberikan kredibilitas dan kedalaman pada pemrograman kesehatan. Pendekatan kooperatif ini bertujuan untuk mengurangi dampak kompleksitas geopolitik dan mempromosikan distribusi sumber daya kesehatan yang lebih adil. Dengan memanfaatkan kapasitas lokal dan kekuatan beragam pemangku kepentingan yang berkomitmen untuk mempertahankan pemberian layanan kesehatan yang tidak memihak dan netral, pendekatan ini dapat memetakan jalan ke depan.

The power of finance and investments for addressing the commercial determinants of health

Sesi ini membahas sejumlah contoh sukses dalam mempengaruhi lembaga keuangan dan investor dan pelaku komersial lainnya untuk mempertimbangkan dan mempengaruhi kesehatan dalam operasi dan pengambilan keputusan mereka. Peserta didorong untuk mengeksplorasi manfaat dan risiko bekerja dengan pelaku komersial untuk mendukung kesehatan dan memahami peran lembaga promosi kesehatan dalam mempengaruhi pelaku komersial. Beberapa pembelajaran kunci dari sesi ini antara lain: pertama, pentingnya pembelajaran akan contoh sukses dalam mempengaruhi lembaga keuangan dan investor dan pelaku komersial lainnya untuk mempertimbangkan dan mempengaruhi kesehatan dalam operasi dan pengambilan keputusan mereka. Kedua, pentingnya memahami manfaat dan risiko bekerja sama dengan pelaku usaha untuk mendukung Kesehatan serta memahami peran lembaga promosi kesehatan dalam mempengaruhi pelaku komersial.

22apr

Emerging and re-emerging infectious health threats: Opportunities for effective regional coordination and leadership

Sesi ini mengeksplorasi lanskap kompleks ancaman kesehatan menular yang muncul dan muncul kembali di kawasan Asia Pasifik. Narasumber memeriksa lanskap ini melalui lensa tiga program kolaboratif yang secara aktif menangani ancaman infeksi utama di kawasan ini termasuk penyakit yang ditularkan melalui vektor, penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin dan tuberkulosis serta penyakit udara lainnya. Setiap program diwakili oleh dua pembicara dari negara mitra yang berbeda, menawarkan beragam perspektif.

Sesi akan dimulai dengan presentasi singkat pada setiap program, diikuti dengan diskusi panel interaktif dengan perwakilan program. Dipimpin oleh ketua sesi, diskusi mengeksplorasi pendekatan program untuk keterlibatan masyarakat, penguatan sistem dan terjemahan penelitian ke kebijakan (evidence-to-policy). Pembahasan berpusat pada apa praktik-praktik yang telah berhasil, tantangan yang terus-menerus, dan ide-ide untuk meningkatkan koordinasi dan kepemimpinan regional dalam mengatasi ancaman kesehatan ini. Selanjutnya, pembicara juga mengeksplorasi bagaimana pembelajaran dan infrastruktur yang dibangun dalam program ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ancaman kesehatan lainnya atau memperluas respons di masa depan.

Selain sesi pemaparan, terdapat pula beberapa booth yang menunjukkan berbagai intervensi Kesehatan masyarakat berbasis komunitas yang dilakukan oleh VicHealth, salah satunya adalah kampanye anti-vaping yang diprakarsai dan dilakukan sepenuhnya oleh anak muda (usia 15-24 tahun). Ini merupakan kampanye besar-besaran di Victoria dalam upaya mengedukasi dampak berbahaya dari vaping namun dilakukan sepenuhnya oleh anak muda yang penah memiliki kebiasaan vaping namun telah berhenti dan menyadari perlunya mencegah penggunaan vaping.

22apr 1


Reporter:
Shita Dewi (Divisi Public Health, PKMK UGM)