Tuesday Plenary Session

"Health System Efficiency :
What Can Health Economists Contribute?


peterProfessor. Peter C. Smith

Dalam sesi ini Professor. Peter C. Smith, Professor of Health Policy dari Imperail College Business School & Centre for Health Policy menyatakan bahwa membuat desain dan menentukan indikator kinerja bagi sistem kesehatan merupakan pekerjaan utama bagi pembuat kebijakan di seluruh dunia.

Salah satu bentuk desain kebijakan di bidang kesehatan misalnya pengeluaran untuk pelayanan kesehatan. Kebijakan pengeluaran kesehatan harus berfokus khusus kepada efisiensi sistem kesehatan.

Dalam konteks efisiensi tentu diperlukan indikator pelayanan kesehatan.
Di dalam kotak di samping ini ada berbagai indikator yang dapat menunjukkan efisiensi sistem kesehatan. Menarik bahwa indikator ini banyak berasal dari indikator-indikator klinik

 

Average Length of Stay

- Unit Cost
- Case Mix adjusted cost per episode of care
- Emergency department visits that could have
   been seen in invasive settings
- Duplicate medical tests
- Share of total expenditure spent on
   administration
- Labour hours per episode of care
- Share of health worker hours spent treating
   atients
- Day case surgery rates
- Pre-operative bed days
- Generic prescribing
- Sickness absence rates

Namun hingga saat ini belum ada kebijakan yang sesuai dan tepat untuk penggunaan secara efektif sumber daya kesehatan untuk meningkatkan efisiensi dalam sistem kesehatan. Prof. Peter menyajikan kerangka dasar untuk menganalisis efisiensi dalam suatu sistem kesehatan, dan memberikan kritik untuk menilai upaya pengukuran efisiensi sistem kesehatan. Sejauh ini, sebagian besar pemangku kebijakan kesehatan hanya bisa berjanji untuk mempromosikan peningkatan efisiensi dalam sistem kesehatan. Hal ini perlu dipikirkan secara serius oleh ahli ekonomi kesehatan.

Dalam konteks posisi ekonomi kesehatan Professor. Peter Smith merujuk pada satu pola pikir lama yang dikembangkan oleh Professor. Alan Williams sekitar 30 tahun yang lalu di University of York. Pola pikir ini menggunakan diagram alir yang menyerupai saluran air sehingga dikenal sebagai "William's plumbing", seperti terlihat dalam diagram berikut ini :

rev

Kerangka kerja Williams ini memiliki banyak implikasi. Dalam seting kebijakan di sistem kesehatan, para pengambil kebijakan ingin tahu bagaimana sebaiknya perubahan di tingkat sistem dilakukan untuk meningkatkan efisiensi. Dalam hal ini, walaupun tidak ada bukti ekonomi para pengambil kebijakan tetap harus memutuskan, misal dengan memotong anggaran secara arbirtrari. Berbagai studi ekonomi penting, tetapi masih mencakup sebagian dari sistem kesehatan. Oleh karena itu penting bagi para peneliti ekonomi kesehatan untuk memikirkan implikasi kebijakan pada level sistem. Dengan demikian penelitian ekonomi kesehatan dapat meningkatkan relevansi dan mutu sistem kesehatan. Di masa depan disarankan adanya berbagai prioritas untuk penelitian ekonomi yang dapat memberikan informasi tepat bagi pengambil kebijakan untuk membuat suatu sistem kesehatan yang efisien.