Harapan Baru untuk MENKES Baru: Lima Agenda Utama Menteri Kesehatan

Para pembaca Website, Tempo mencatat ada lima agenda utama yang akan dilakukan oleh Ibu Menkes, Nila F. Moeloek di Kabinet Kerja. Agenda tersebut antara lain:

 Pertama

Pembangunan kesehatan merupakan investasi negara dalam menopang peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Oleh karena itu, orientasinya harus didorong pada aspek promotif dan preventif, tanpa melupakan aspek kuratif dan rehabilitatif.

 Kedua

Pendekatan pembangunan kesehatan pada ibu hamil, bayi dan balita, anak usia sekolah dan remaja, pasangan usia subur, serta usia lanjut. Khususnya, di daerah populasi tinggi, terpencil, perbatasan, kepulauan, dan rawan bencana.

 Ketiga

Perlunya keterlibatan aktif dari kalangan akademis, komunitas, pelaku usaha, dan pemerintah menjadi kesatuan tim kerja. Hal itu dilakukan agar Indonesia mampu bersaing dengan negara lain.

 Keempat

Mengubah pola pikir dari pasif menjadi aktif untuk merespons serta mengantisipasi dari berbagai persoalan yang muncul seperti mengubah intruksi menjadi kerja sama, individualism menjadi team work, dan serve menjadi care.

 Kelima

Peningkatan tata kelola program dan administrasi seperti siklus manajemen, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, serta pertanggungjawaban administrasi melalui sinergitas pusat dan daerah.

Dari kelima agenda di atas, bagaimana komentar Anda?
Silakan sampaikan harapan dan masukan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

 

   Arsip Diskusi Sebelumnya     

 

 

Comments   

# muchtar mawardi 2014-11-25 13:32
Perlu ditambahkan yaitu:
1. penguatan pembangunan kesehatan di daerah. agar pembangunan kesehatan benar benar menyentuh/dirasakan oleh masyarakat di daerah atau masyarakat di pelosok sekalipun.
2. Peran Dinas KesehatanKesehatan Kabupaten/Kota perlu lebih dimantapkan. tidak sekedar melaksanakan perintah Pusat/Prov. karena masing masing daerah memiliki specifikasi permasalahan.
Demikian mohon maaf bila kurang berkenan.
Reply
# lulu anita 2014-12-10 09:03
artikel anda mengenai harapan untuk menkes baru sangat menarik. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Kedokteran
Reply
# Sri Eny Setyowati 2014-12-11 08:22
Perlu adanya KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) untuk menambah pengetahuan wanita di pedalaman pulau Seram Maluku tentang budaya melahirkan yang sesuai dengan kesehatan.

Perlu kebijakan-kebijakan baru agar program KB bisa digiatkan lagi terutama di daerah pedalaman.
Reply

Add comment


Security code
Refresh