Kerangka Acuan Kegiatan

Evaluasi Kebijakan JKN Tahun 2018 – 2019 Menggunakan Pendekatan Realist Evaluation

PKMK FKKMK UGM

 

Pertemuan ke-4B:
Sesi Refreshment: Penyusunan Kerangka Context-Mechanism-Outcome (C-M-O) dalam Realist Evaluation

  Latar Belakang

Realist evaluation yang diperkenalkan oleh Pawson dan Tilley (1997) merupakan bentuk evaluasi berbasis teori, berdasarkan pada filosofi sains realis yang membahas pertanyaan apa yang berhasil, untuk siapa, dalam keadaan apa, dan bagaimana dilakukan. Pendekatan ini merupakan cara evaluasi implementasi kebijakan yang dirancang untuk menangkap aspek-aspek yang terjadi di lapangan. Realist evaluation semakin banyak digunakan dalam penelitian kesehatan dan penelitian evaluasi lainnya. Asumsi yang dibangun dalam realist evaluation adalah bahwa program merupakan jelmaan dari teori. Artinya, setiap kali sebuah program dirancang dan diimplementasikan, akan selalu dipengaruhi oleh satu atau lebih teori tentang apa yang mungkin menyebabkan perubahan, meskipun teori tersebut tidak disebutkan secara eksplisit.

Pendekatan realist evaluation mensyaratkan bahwa teori-teori yang mendasari program dituangkan dalam hipotesis yang jelas tentang bagaimana, untuk siapa, sampai sejauh mana, dan dalam konteks apa sebuah program mungkin bekerja (menyebabkan perubahan). Evaluasi program yang dilakukan ditujukan untuk menguji dan memperbaiki hipotesis tersebut. Data yang dikumpulkan dalam realist evaluation yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dampak dan proses implementasi program, konteks yang mungkin berdampak pada outcome, serta mekanisme tertentu yang mungkin menciptakan perubahan. Pemahaman tentang bagaimana aspek-aspek tertentu dari konteks yang membentuk mekanisme yang kemudian mengarah pada hasil dapat dinyatakan sebagai konfigurasi context-mechanism-outcome (C-M-O) yang merupakan unit analitis di mana realist evaluation dibangun.

Webinar realist evaluation pada pertemuan keempat ini membahas kembali bagaimana cara menyusun kerangka/ konfigurasi context-mechanism-outcome (C-M-O) yang merupakan ciri khas evaluasi program/ kebijakan dengan pendekatan realist evaluation. Harapannya, peserta webinar lebih memahami proses identifikasi context-mechanism-outcome (C-M-O) dalam penelitian evaluasi kebijakan JKN menggunakan pendekatan realist evaluation. Sesi ini juga akan membahas beberapa latihan yang dikerjakan oleh peserta webinar terkait konfigurasi C-M-O.

  Tujuan

Diskusi yang dikemas dalam bentuk webinar ini bertujuan untuk mengundang wakil dari:

  1. Perguruan tinggi kesehatan, kedokteran, dan/atau ilmu sosial dan ilmu politik
  2. Lembaga penelitian kesehatan dan kebijakan publik

untuk melakukan penyusunan protokol evaluasi kebijakan JKN menggunakan metode realist evaluation dengan terlebih dahulu memahami proses identifikasi context-mechanism-outcome (C-M-O) dalam penelitian evaluasi dengan pendekatan realist evaluation.

  Tempat dan Jadwal

Diskusi diselenggarakan melalui webinar pada 10 April 2018 di Laboratorium Leadership Gd. IKM lt.3 Pukul 14.00 – 15.30 WIB. Adapun rundown acara adalah sebagai berikut.

Waktu Materi Narasumber
14.00 – 14.10 Wib Pembukaan Moderator: Shita Listyadewi
14.10 – 14.30 Wib Pengantar Pertemuan 4b Prof. Laksono Trisnantoro
14.30 – 14.45 Wib

Penyusunan Kerangka Context-Mechanism-Outcome (C-M-O) dalam Realist Evaluation

materi

Tiara Marthias
14.45 – 15.30 Wib Diskusi pembahasan latihan perumusan hierarchy of outcome dan konfigurasi C-M-O Moderator
15.30 Wib Penutupan Moderator

Apabila peserta berhalangan mengikuti webinar, seluruh materi kegiatan sebelumnya dapat dipelajari di http://bit.ly/MonevJKN2018 

Pendaftaran

Bagi peserta yang mewakili Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian yang berminat untuk mengikuti webinar ini dapat mendaftar secara online melalui:

URL: Link Webinar: https://attendee.gotowebinar.com/register/8262090301273556226 
Webinar ID: 514-996-155

Atau menghubungi narahubung di bawah ini:
Maria Adelheid Lelyana
e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 
Telp.: (0274) 549425
HP: +6281329760006

Dedik Sulistiawan
e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 
HP: +6285736810190