g. Analisis data

Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara bertahap dengan diawali dengan pengumpulan data kuantitatif dan akan dilanjutkan dengan kualitatif. Adapun rencana analisis data dilakukan sebagai berikut:

  1. Data kuantitatif
    1. Data – data kuantitatif dipisahkan menurut topik-topik yang ditentukan untuk menjawab penelitian keterbukaan dan akuntabilitas BPJS. Penelitian ini akan melihat kesesuaian data claim dan peningkatan jumlah penyakit serta melihat hubungan jumlah dana yang dipakai mengalir ke daerah dan yang mengalir ke BPJS kesehatan.
    2. Data diolah dengan menggunakan analisis cross tabulasi menggunakan SPSS
  2. Data kualitatif
    1. Hasil wawancara mendalam diterjemahkan dan didokumentasikan dalam bentuk transkip wawancara.
    2. Hasil analisis peraturan-peraturan terkait sistem tata kelola BPJS kesehatan dalam bentuk policy review.
    3. Hasil transkip wawancara dan policy review akan dicoding atau di kelompokkan menggunakan NVivo. Pengelompokkan ini ditentukan berdasarkan variabel penelitian yang berhasil diperoleh dari pembacaan transkip wawancara
    4. Topik –topik hasil transkip diarahkan untuk menjawab pertanyaan penelitian dan tujuan penelitian.
    5. Pengelompokkan juga dalam bentuk tabel – tabel agar didapatkan deskripsi dari analisis topik –topik hasil wawancara.
    6. Hasil analisis dihubungkan dengan teori –teori yang berlaku dan kemungkinan teori baru muncul sebagai hasil analisis.

Hasil analisis data kuantitatif juga dilakukan dengan menghubungkan dengan teori program tata kelola organisasi. Pengembangan teori juga dapat muncul seiring dengan hasil analisis data kuantitatif.

Add comment


Security code
Refresh