Modul 1a.  Kebijakan di Sektor Kesehatan

Dilaksanakan antara 6 – 9 November 2012. Deadline pengiriman tugas tanggal 9 November pukul 24.00.

des Modul 1a

membahas arti sistem kesehatan, ilmu kebijakan, kebijakan publik, dan aplikasi ilmu kebijakan di sistem kesehatan. Selanjutnya modul ini membahas mengenai pendekatan kebijakan, dan proses penyusunan kebijakan. Pemahaman awal mengenai penelitian kebijakan kesehatan dan sistem kesehatan dibahas di bagian ini dalam konteks apakah diperlukan di Indonesia, di propinsi dan kabupaten-kota para peserta. Sebagai catatan, salah satu tujuan Program Pengembangan ini adalah untuk memperkuat kebijakan kesehatan di daerah maka konteks lokal dalam modul ini merupakan hal yang penting.

 

tuj  Tujuan pembelajaran Modul 1a.

Setelah mempelajari modul 1a, para peserta diharapkan mampu untuk:

  1. Memahami Sistem Kesehatan dalam konteks di berbagai level pemerintahan: nasional, propinsi, dan kabupaten.

    Catatan:
    Pemahaman akan konteks di berbagai level merupakan modal besar untuk pengembangan unit penelitian-pengembangan kebijakan kesehatan di sebuah daerah. Tujuan ini mendukung visi program pengembangan ini bahwa di setiap daerah/propinsi ada kelompok/unit yang aktif meneliti kebijakan lokal dan nasional.

  2. Memahami ilmu kebijakan, kebijakan dan kebijakan kesehatan.

    Catatan:
    Para peserta diharapkan mulai membaca dan mencoba terus memahami ilmu kebijakan termasuk kebijakan publik yang berasal dari ilmu-ilmu sosial. Usaha ini penting karena sebagian peserta berasal dari ilmu kedokteran dan kesehatan yang belum banyak memahami mengenai ilmu-ilmu sosial, khususnya kebijakan. Tujuan ini apabila berhasil dicapai akan menjadi dasar kuat untuk kegiatan berikutnya.

  3. Memahami proses penyusunan kebijakan dan pendekatan segitiga kebijakan di sektor kesehatan.

    Catatan:
    Tujuan ini terkait erat dengan aplikasi ilmu kebijakan dalam sistem kesehatan. Pendekatan segitiga kebijakan perlu dipahami sebagai salahsatu cara untuk memahami kebijakan kesehatan.

  4. Memahami makna, hubungan, dan manfaat penelitian kebijakan kesehatan dan sistem kesehatan.

    Catatan:
    Makna dan manfaat penelitian kebijakan perlu dipelajari secara mendalam.
    Di dalam buku Lucy Gilson diberi semacam pemahaman mengenai apa yang disebut penelitian kebijakan dan penelitian sistem kesehatan. Di samping itu di buku ini ada banyak contoh penelitian kebijakan dan sistem kesehatan yang dapat dipelajari.

     

babe Bahan belajar

 

  1. Sistem Kesehatan:

    Silahkan anda pelajari di www.kebijakankesehatanindonesia.net dan

    de Savigny and Taghreed Adam. Systems thinking for health systems strengthening. World Health Organization 2009. Buku ini dapat di download dari website WHO.

  2. Ilmu Kebijakan dan Kebijakan Publik.

    Dunn, William. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi kedua. Terjemahan. Public Policy Analysis: An Introduction 2nd Ed. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2003

    Atau berbagai buku lainnya, misal:

    Nugroho RD. Kebijakan publik untuk Negara-negara berkembang, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2006.

    Parson Wayne. Public Policy. Pengantar Teori dan Praktis Analisis Kebijakan. Kencana Prenada Media Group. 2006.

  3. Proses penyusunan kebijakan kesehatan dan pendekatan segitiga kebijakan.

    Buse K, Mays N, Walt G. Making Health Policy. Understanding Public Health. Open University. 2010. Buku ini dapat dibeli di Amazon.com. Harga yang baru adalah £14.65, yang bekas dari £12.50.

    Terjemahan resmi sedang diajukan. Anda akan mendapatkan kiriman dari perpustakaan tentang topik ini.

    Dunn, William. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi kedua. Terjemahan. Public Policy Analysis: An Introduction 2nd Ed. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2003.

  4. Arti, makna, dan manfaat penelitian kebijakan kesehatan dan sistem kesehatan.

    Buse K, Mays N, Walt G. Making Health Policy. Understanding Public Health. Open University. 2010. Buku ini dapat dibeli di Amazon.com. Harga yang baru adalah £14.65, yang bekas dari £12.50.

    Terjemahan resmi sedang diajukan. Anda akan mendapatkan kiriman dari perpustakaan tentang topik ini.

    Gilson Lucy. Health Policy and Systems Research: A Methodology Reader. WHO. 2012.

    Buku ini dapat di download dari website WHO.

kegKegiatan pembelajaran

Setelah mengikuti modul, membaca berbagai referensi, melakukan analisis, para peserta diharuskan menulis jawaban akan pertanyaan-pertanyaan yang ada. Pertanyaan dijawab dengan model essay pendek. Dalam penulisan model essay ini harap para peserta menuliskan referensi dengan cara meletakkan di footnote. Cara menulis referensi di footnote adalah sebagai berikut:

Untuk buku, misal:

Nugroho RD. Kebijakan publik untuk Negara-negara berkembang, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2006.

Untuk Jurnal, misal:

Sia D, Fournier P, Kobiané J-F, Sondo BK. Rates of coverage and determinants of complete vaccination of children in rural areas of Burkina Faso (1998-2003). BMC Public Health. 2009; 9:416- 25.

Bahan dari internet:

Penulis....... "Judul ..." http://www.kebijakankesehatanindonesia.net..... (diakses tanggal .... bulan...tahun ....)

Pertanyaan-pertanyaan dan tugas Modul 1a:

  1. Uraikan Sistem Kesehatan yang berada di daerah kota/kabupaten anda dalam konteks level makro, meso, dan mikro. Anda dapat menggunakan pendekatan WHO atau sistem kesehatan nasional, atau model lain yang anda dapatkan.
  2. Apa yang disebut sebagai Kebijakan dan apa yang disebut sebagai Analisis Kebijakan?
  3. Ada definisi Kebijakan Publik dan apa contohnya di Indonesia, di propinsi anda, dan di kabupaten/kota anda?
  4. Apa definisi Kebijakan Kesehatan? Uraikan jawaban anda dengan menggunakan pemahaman anda mengenai level makro, meso, dan mikro.
  5. Bagaimana Proses kebijakan dilakukan di daerah anda. Uraikan dengan mengambil kasus tertentu, misal kebijakan jaminan kesehatan daerah, atau kebijakan pengendalian merokok, atau hal lainnya
  6. Apa yang disebut dengan pendekatan segitiga kebijakan kesehatan berdasarkan Buse. Aplikasikan model kebijakan ini dalam aspek kebijakan pengendalian tembakau di Indonesia dan di daerah anda.
  7. Arti hubungan antara Riset Kebijakan dan Riset Sistem Kesehatan. Uraikan jawaban anda dengan mengacu pada konsep di buku Gilson dkk.
  8. Apakah anda sudah pernah melakukan penelitian kebijakan kesehatan sesuai dengan definisi di buku Gilson ? Jika sudah harap tuliskan judulnya. Jika belum, harap anda tuliskan keinginan anda untuk melakukan penelitian kebijakan dan dalam topik apa.

Jawaban dikirim ke pengelola dengan cara:

File ditulis dalam word dan diberi kode: XYYYM1a.doc

Keterangan:

X = nomor fasilitator anda.

YYY = kode nama peserta

M1a = Modul1a

 

kitu Kirim tugas ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Jangan lupa memberi cc ke email setiap fasilitator yang telah ditunjuk untuk anda.

Tugas paling lambat dikirim tanggal 9 November 2012, jam 24.00