Modul 1d. Topik – Topik Prioritas dan Isu – isu Penting
dalam Kebijakan Kesehatan

  Deskripsi

Modul 1d dan Modul 1e (yang akan datang) merupakan modul khusus yang memberi kesempatan bagi para peserta untuk mengidentifikasi fokus masalah yang akan diteliti dalam riset kebijakan, khususnya kebijakan medik. Ada kemungkinan masalahnya menyangkut mengenai manajemen penyakit, system manajemen mutu pelayanan di rumahsakit, pendidikan kedokteran termasuk residensi dan sub-spesialis, penempatan tenaga dokter, dan berbagai isu medik lainnya. Dalam modul ini para peserta diharapkan melakukan akses ke berbagai web dalam kelompok www.kebijakankesehatanindonesia.net untuk memahami berbagai isu kebijakan medik. Dalam modul ini ditegaskan bahwa kebijakan medik mempunyai topik yang terkait dengan ilmu kedokteran, termasuk aspek sosialnya.

 

  Tujuan pembelajaran
 

  1. Memahami topik-topik prioritas dan isu-isu penting dalam kebijakan medik;
  2. Mampu memilih topik untuk penelitian kebijakan medik dalam konteks isu-isu prioritas dan penting;
  3. Mengawali usaha penyusunan proposal dengan cara menyusun pendahuluan untuk proposal dan alasan mengapa memilih topik ini untuk diteliti.

 Pemahaman tujuan ini dalam konteks 4 langkah untuk melakukan riset kebijakan menurut Gilson yaitu:

  1. identifikasi fokus penelitian dan pertanyaan-pertanyaannya. Fokus penelitian harus terkait dengan proses kebijakan atau mengarah ke penyusunan kebijakan.
  2. rancangan penelitian;
  3. penjaminan mutu penelitian; dan
  4. melaksanakan prinsip-prinsip etika.

 

  Bahan belajar 

Silahkan anda eksplorasi website www.kebijakankesehatanindonesia.net dan berbagai web terkait. Di dalam web banyak hal terkait dengan kebijakan kesehatan. Silahkan menjelajah. Disamping itu para peserta akan mendapatkan kiriman berbagai materi saat melakukan diskusi melalui miling-list peserta.

 

  Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran
 

  1. Modul 1d ini berbasis diskusi di miling-list. Akan dilakukan berbagai diskusi di miling list dalam usaha mencari fokus/isu-isu penelitian kebijakan. Usaha pencarian fokus berada dalam konteks Modul 1,2, dan 3.
  2. Peserta dianjurkan untuk memperhatikan diskusi di miling-list.
    Proses diskusi di miling-list : Narasumber pada hari Senin, 25 Maret 2013 akan memberikan berbagai hal yang menjadi bahan belajar dan mereview apa yang dibahas di Modul 1a, 1b, dan 1c.
  3. Peserta dianjurkan untuk memahami berbagai masalah prioritas yang ada di daerahnya dan di nasional, ataupun di rumahsakitnya.
  4. Selama membahas Modul 1d, para peserta dapat memperbaiki jawaban di Modul 1a, 1b, dan 1c.

Pertanyaan yang harus dijawab untuk Modul 1D:

Sebutkan topik apa yang ingin anda teliti. Apa alasannya, termasuk kaitannya dengan prinsip-prinsip riset kebijakan. Harap di perhatikan proses penyusunan kebijakan mulai dari: ide, pilot, penyusunan naskah akademik untuk keputusan, penetapan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, sampai monitoring dan evaluasi kebijakan untuk melihat adanya perubahan. Mohon diperhatikan di titik mana penelitian anda akan dilakukan.

File ditulis dalam word dan diberi kode: XYYYM1d.doc dan dikirim sebagai attachment.

Keterangan:

X       = nomor fasilitator anda.
YYY   = kode nama peserta
M1d   = Modul1d

 

 Kirim tugas ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Jangan lupa memberi cc ke email setiap fasilitator yang telah ditunjuk untuk anda.
Tugas paling lambat dikirim hari Rabu tanggal 27 Maret pukul 24.00.