'Boven Digoel' Kisah Perjuangan Seorang Dokter di Bumi Khatulistiwa

Untuk pertama kalinya di industri perfilman Indonesia, sebuah karya anak bangsa dari Papua hadir di bioskop. Film berjudul 'Boven Digoel' hadir memberikan sebuah perspektif baru tentang Indonesia, terutama di Tanah Papua.

Film yang di sutradarai oleh FX Purnomo ini menceritakan tentang kehidupan nyata di ujung timur Indonesia, di mana kurangnya fasilitas kesehatan yang didapat menyebabkan angka kematian ibu dan anak tinggi di Papua.

'Boven Digoel' memusatkan cerita pada pengabdian seorang dokter di Indonesia Timur yang memaksanya harus melakukan operasi caesar dengan menggunakan silet.

"Film ini diangkat dari sebuah buku 'Papua: Sebuah Fakta dan Tragedi Anak Bangsa'. Itu berisi pengalaman saya bertugas 2 tahun di Boven Digoel 1990-1991. Dalam situ yang dilirik sama sutradara, operasi cesar dengan silet," tukas dr John Mangunsong selaku penulis buku dan juga produser dari film tersebut saat ditemui di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (6/2/2017).

"Papua ini penuh dengan fenomena, misteri dan masalah. Keindahannya pun masih terpendam. Setelah kami dapat juara 1 di film Maya pada tahun 2015, kita berani bikin film ini. Dan di sana ada nilai yang bisa mengunggah hati semua pihak yang sedikit menengok tentang Papua. Di sana sangat tinggi angka kematiannya karna HIV aids, TBC dan 50.000 ibu Hamil setiap tahunnya. Kalo kita nggak sayang Papua kita nggak bakal bikin film," paparnya.

Tak hanya itu, film yang diproduksi oleh PH Foromoko Matoa Indah Film ini juga memunyai beberapa visi dan misi yang ingin disampaikan.

"Visinya adalah mendorong terwujudnya percepatan pembangunan di Papua dan mau membangkitkan rasa percaya diri home industri film di Papua," tutur John.

"Misinya ingin menumbuhkan rasa percaya diri komonitas industrial film yang berada di Papua. Kita ingin mereka bisa mengubah menjadi industrial film modern berkelas internasional," lanjutnya.

Film tersebut dibintangi oleh Cristine Hakim, Joshua Matulessy dan 90 persen orang asli Papua. 'Boven Digoel' akan rilis pada 9 Februari 2017 mendatang.

https://hot.detik.com/