Kesimpulan Buku

22 April 2019

Pada 2015 dunia menghabiskan 7,3 triliun USD untuk kesehatan, hampir 10% dari PDB global. Pengeluaran kesehatan tumbuh lebih cepat daripada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Pengeluaran kesehatan rata-rata per kapita adalah 1.011 USD. Setengah dari negara di dunia membelanjakan kurang dari 366 USD per orang.

Secara keseluruhan, sistem pembiayaan kesehatan di seluruh dunia berubah menjadi lebih tergantung pada cara prabayar wajib dan gabungan, meskipun terdapat berbagai variasi substansial antar negara. Gambaran umum menunjukkan bahwa pengeluaran pemerintah untuk kesehatan meningkat secara absolut dan juga meningkat sebagai bagian dari total pengeluaran pemerintah. Hal ini menunjukkan bahwa kesehatan telah menjadi prioritas pemerintah yang lebih besar dari waktu ke waktu. Banyak negara menyalurkan anggaran ke agen pembelian layanan kesehatan seperti dana asuransi kesehatan sosial. Pengeluaran kesehatan out of pocket meningkat secara absolut, tetapi relatif menurun sebagai bagian dari total pengeluaran kesehatan saat ini.

Pendanaan eksternal untuk kesehatan mewakili kurang dari 0,3% dari pengeluaran global. Namun, di negara-negara berpenghasilan rendah, pendanaan eksternal terhitung sekitar 33% pengeluaran kesehatan saat ini rata-rata, dan meningkat dari waktu ke waktu secara absolut. Pada saat yang sama, kapasitas fiskal pemerintah juga meningkat. Namun peningkatan kapasitas fiskal belum diterjemahkan ke dalam peningkatan pengeluaran kesehatan pemerintah. Sebaliknya, peningkatan pengeluaran donor tampaknya memiliki efek crowding-out, yang menyebabkan pemerintah mengalokasikan kembali pengeluaran domestik mereka ke sektor lain.

Pola dan tren dari Data Dasar, menyoroti isu-isu utama yang menjadi perhatian berbagai negaradan lembaga internasional. Sebagai alat pemantauan, Data Dasar mendukung pelacakan pola-pola ini dari waktu ke waktu, dan dapat memberikan pemicu untuk penyelidikan lebih dalam. Diperlukan pendekatan yang lebih mendalam (melampaui efek pengelolaan database global) untuk masuk ke dalam analisis spesifik negara. Ada berbagai isu yang perlu dibahas di dalam suatu negara:

  • Seberapa banyak peningkatan pengeluaran kesehatan disebabkan oleh kenaikan biaya untuk:(1) memproduksi jenis dan jumlah layanan yang sama, atau (2) berapa banyak yang disebabkan oleh peningkatan dan perubahan kebutuhan dan permintaan layanan?
  • Apa saja dampak pertumbuhan pengeluaran kesehatan pada rumah tangga, pemerintah, pasar tenaga kerja dan struktur ekonomi nasional?
  • Apakah penyaluran anggaran pemerintah kepada lembaga asuransi kesehatan sosial untuk tujuan memperluas cakupan ke populasi yang sebelumnya tidak terlayani atau apakah mengkonsentrasikan lebih banyak sumber daya dan layanan bagi mereka yang sudah memiliki akses yang baik?
  • Bagaimana membuat bantuan dari luar negeri lebih efektif: menargetkan program penyakit khusus, apakah sistem kesehatan keseluruhan atau barang publik global?
  • Berapa banyak yang dibutuhkan untuk memperkuat fondasi dan lembaga sistem kesehatan? Negara mana yang paling membutuhkan?
  • Bagaimana mencegah bantuan eksternal mengurangi pendanaan domestik yang perlu diinvestasikan pemerintah dalam bidang kesehatan, dan apakah beberapa cara menyalurkan bantuan terbukti kurang tunduk pada kesepadanan?

Tidak diragukan lagi, hal-hal di atashanya beberapa pertanyaan yang mungkin muncul dari analisis kami terhadap data pengeluaran kesehatan.

Prioritas masa depan

Sebagai kepentingan publik global, penelusuran pengeluaran kesehatan (Database Pengeluaran Kesehatan Global WHO) bertujuan untuk menyediakan data yang akurat, tepat waktu, dan kompatibel untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik di tingkat nasional, regional dan global, dan untuk meningkatkan transparansi serta akuntabilitas lokal, nasional, dan internasional dan tata kelola global. Pengalaman masa lalu telah dengan jelas menunjukkan bahwa: sistem informasi nasional yang berkembang dengan baik adalah fondasi untuk data kesehatan yang akurat, termasuk data pengeluaran kesehatan; memanfaatkan data untuk pembuatan kebijakan adalah kunci untuk pengumpulan data pengeluaran kesehatan rutin dan untuk meningkatkan kualitas data. Pengalaman menunjukkan bahwa strategi berikut untuk meningkatkan kualitas dan penggunaan data patut dipertimbangkan:

  • Terlibat aktif dalam memperkuat sistem informasi pengeluaran kesehatan nasional, termasuk pelaporan rutin dan pengumpulan data survei.
  • Memanfaatkan sepenuhnya sistem pelaporan data rutin dan survei sampel di negara ini sehingga sebagian besar kategori pengeluaran (seperti belanja publik dan informasi berbasis fasilitas) dapat dikumpulkan setiap tahun, dan estimasi berdasarkan survei (seperti untuk pengeluaran pribadi dan penyakit) / pengeluaran program) dapat diperbarui secara berkala.
  • Menciptakan siklus yang baik, yang menghubungkan pengumpulan data pengeluaran kesehatan dengan pengembangan kebijakan dan pekerjaan analitis di tingkat negara.

Selain perubahan proses ini, pekerjaan dalam menyusun Database Pengeluaran Kesehatan Global baru telah membantu mengidentifikasi bidang-bidang khusus untuk mendapat perhatian yang harus menjadi prioritas ke depan, karena relevansi kebijakan mereka, kelemahan yang diamati dalam data yang tersedia, dan potensi untuk melakukan sesuatu tentang hal itu melalui upaya bersama. Ini dirangkum di sini.

Memisahkan komponen modal dari total pengeluaran. Secara historis, pengelolaan data pengeluaran kesehatan oleh Database Pengeluaran Kesehatan Global tidak memisahkan modal dari pengeluaran operasional, dan tanpa data baru untuk semua negara dan tahun. Tidak ada dasar yang jelas untuk membuat estimasi tentang, misalnya, pengeluaran modal di negara tertentu pada tahun tertentu. Sementara estimasi lebih layak untuk mengisi kesenjangan dalam data pengeluaran saat ini. Ini berarti ruang lingkup kesalahan dalam memperkirakan modal menjadi jauh lebih besar. Akibatnya, rilis Database Pengeluaran Kesehatan Global 2017 memiliki banyak "kekurangan" dalam hal belanja modal.

Ke depan, membutuhkan adanya pertanyaan khusus tentang pengeluaran modal di setiap negara yang datanya saat ini tidak dilaporkan. Untuk mendapatkan data tentang sumber-sumber pengeluaran modal publik dan eksternal, membutuhkan:

  • keterlibatan erat dengan otoritas keuangan dan kesehatan nasional,
  • pengetahuan yang lebih dalam para ahli nasional dan internasional tentang sistem pelaporan data keuangan negara-negara tertentu (seperti untuk Program Investasi Publik di mana ini diberlakukan) dan
  • kerjasama yang lebih erat dengan lembaga internasional lainnya.

Mungkin juga dibutuhkan ruang bagi komunitas peneliti untuk setidaknya menggali potensi untuk mengembangkan metodologi estimasi untuk datatahun yang kurang.

Mengindentifikasi sumber pendapatan eksternal pengeluaran kesehatan.

Pergeseran ke SHA-2 tidak dengan sendirinya mengubah kesulitan untuk mendapatkan data rutin tentang semua pengeluaran yang bersumber dari luar negeri (sumber eksternal) di suatu negara untuk tahun tertentu. Upaya dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang pengeluaran dari sumber eksternal melalui proses pengumpulan data. Dalam berbagai kasus, ternyata informasi tidak lengkap dan perlu mempertimbangkan penggunaan sumber data internasional. Upaya lebih lanjut diperlukan untuk meningkatkan kelengkapan informasi tentang arus masuk eksternal, untuk memisahkan pengeluaran aktual dari komitmen, dan untuk menggambarkan saluran dimana bantuan eksternal mengalir ke modal dan pengeluaran kesehatan saat ini. Juga yang bagaimana mengalir melalui pemerintah, LSM dan pengaturan pembiayaan swasta. Meskipun tidak akan pernah sempurna, menargetkan sumber daya untuk upaya pengumpulan data di negara-negara yang menerima bantuan pembangunan dalam jumlah besar, dengan upaya gabungan dari negara-negara tersebut dan donor yang menyediakan dana, dapat sangat memperbaiki situasi. Upaya lebih lanjut untuk mengekstraksi data yang lebih relevan dan andal dari OECD-DAC juga terbukti bermanfaat.

Mengurai sumber domestik asuransi kesehatan sosial.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa banyak negara menyalurkan anggaran pemerintah kepada lembaga asuransi kesehatan, seperti dana asuransi kesehatan sosial. Sumber utama informasi ini adalah laporan tahunan organisasi yang menyelenggarakan asuransi kesehatan sosoial. Selain itu, laporan transfer ke lembaga asuransi kesehatan sosial biasanya muncul dalam anggaran pemerintah. Jika tidak ada laporan rutin seperti itu, informasi tentang hal ini diperkirakan berdasarkan berbagai sumber serta pengetahuan ahli tentang pengaturan khusus dari negara-negara tertentu. Selain itu, masih ada ruang untuk meningkatkan keakuratan dan kelengkapan informasi ini melalui pemeriksaan silang, dan khususnya dengan mengajukan pertanyaan yang ditargetkan kepada lembaga yang tepat dan memperoleh sumber data yang tersedia untuk umum. Ini membutuhkan keterlibatan erat dari mereka yang melaksanakan proses pengumpulan data dengan komunitas pembiayaan kesehatan yang aktif di negara tersebut.

Mencirikan pengaturan pembiayaan kesehatan dengan benar.

Klasifikasi pembiayaan kesehatan yang benar dalam kerangka SHA-2 membutuhkan pengetahuan tentang pengaturan pembiayaan kesehatan suatu negara dan SHA-2. Pengetahuan ini biasanya terletak pada orang-orang yang terlibat dengan kebijakan pembiayaan kesehatan di negara tersebut dan dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan, misalnya, sifat hak atau apakah suatu pengaturan bersifat wajib atau sukarela. Dalam beberapa kasus, pengetahuan ini tidak terletak pada individu yang secara historis bertanggung jawab untuk melaporkan data pengeluaran kesehatan ke WHO.

Ke depan, penting untuk meningkatkan keterampilan dan latar belakang pelaporan pengeluaran kesehatan dengan memanfaatkan lebih banyak keahlian kebijakan pembiayaan kesehatan, di tingkat nasional maupun internasional. Arah yang bermanfaat untuk meningkatkan pengumpulan dataadalah untuk "menerjemahkan" klasifikasi menjadi pengelompokan yang akan diakui di negara tertentu, menggunakan terminologi dan nama agensi yang ada di negara itu. Tim pembiayaan kesehatan di enam kantor regional WHO (dan kantor sub-regional, seperti dalam kasus Wilayah Afrika) berada dalam posisi yang baik untuk mengambil peran ini, meskipun mereka perlu sumber daya yang tepat untuk tujuan ini. Selain itu, kolaborasi dengan pakar pembiayaan kesehatan dari lembaga mitra dengan staf yang aktif di negara tertentu, atau bekerja sama dengan jaringan (seperti P4H), akademisi, dan LSM, akan sangat berharga untuk upaya ini ke depan.

Mengingat pentingnya data pengeluaran kesehatan yang dapat dibandingkan secara internasional dan perannya sebagai barang publik global, terdapat kepentingan bersama untuk memastikan bahwa itu berkualitas tinggi dan ditafsirkan secara konsisten. Pada gilirannya, upaya kolektif yang terkoordinasi dengan baik - termasuk pembuatan data, pelaporan, dan pemeriksaan - diperlukan untuk memungkinkan peningkatan pada tahun– tahun mendatang, dan untuk memberikan landasan teknis yang kuat untuk analisis dan pengembangan kebijakan pembiayaan kesehatan untuk bergerak menuju UHC.

Di tingkat global, WHO akan terus mengumpulkan dan menerbitkan data pengeluaran kesehatan. Kami berkomitmen untuk bekerja erat dengan para ahli dan mitra global, regional dan lokal untuk menyempurnakan pedoman pelaksanaan, dan untuk mengeksplorasi dan meneliti cara pengumpulan data yang lebih baik. Kami juga akan memainkan peran pertemuan untuk berkoordinasi dengan mitra dalam membangun kapasitas negara dan dukungan teknis untuk pengumpulan data, analisis dan penggunaan data pengeluaran kesehatan untuk meningkatkan kebijakan kesehatan, mendukung pemantauan implementasi, dan mendorong pembiayaan kesehatan dan agenda penelitian reformasi sistem.


Link Terkait:

 

Add comment

Security code
Refresh