xvideos spankbang watchfreepornsex foxporn pornsam pornfxx porn110

Kerangka Acuan Kegiatan

Kegiatan Penulisan Artikel Penelitian Kebijakan, Analisis Kebijakan, dan Policy Brief untuk Masalah Stunting dan Gizi Masyarakat

Desember 2020 - Januari 2021

  Latar Belakang

Permasalahan terkait gizi merupakan salah satu permasalahan kesehatan utama yang dihadapi di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, rata-rata persentase balita di Indonesia dengan status gizi buruk dan gizi kurang adalah 17,7%, sedangkan rata-rata balita stunting mencapai 30,8%. Disamping itu terdapat juga beberapa masalah gizi lainnya namun masalah gizi balita menjadi sorotan utama karena kaitannya dengan kualitas sumber daya manusia. Salah satu tantangan utama yang ditemui dalam usaha penurunan stunting adalah terkait peran, ketersediaan, dan distribusi tenaga kesehatan profesional. Tantangan ini diperberat dengan kondisi pandemi COVID-19 yang mempengaruhi proses perencanaan dan pelayanan kesehatan.

Upaya di berbagai lini kesehatan telah dilakukan dalam rangka mengatasi permasalahan stunting dan gizi masyarakat, dari mulai tingkat layanan primer, kabupaten, provinsi, hingga nasional. Salah satunya yaitu dengan penetapan dan pengimplementasian kebijakan kesehatan. Agar kebijakan yang sudah diimplementasikan dapat dikembangkan ke arah yang sesuai dengan konteks lokal spesifik, perlu dilakukan analisis lanjutan dan penelitian kebijakan terkait konten khusus di setiap masalah kesehatan.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK UGM bersama dengan World Health Organization (WHO) mengembangkan Dashboard Sistem Kesehatan (DaSK) yang terdapat dalam website www.kebijakankesehatanindonesia.net. DaSK berisi data tentang indikator-indikator pembangunan kesehatan, beban penyakit, penggunaan fasilitas kesehatan, dan berbagai data lainnya. Data ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam proses penelitian kebijakan, analisis kebijakan, dan penulisan policy brief.

Selain itu, PKMK FK-KMK UGM telah melaksanakan serangkaian aktivitas pelatihan yang terdiri dari tiga tahap, yaitu; (1) memahami data  DaSK, (2) penulisan penelitian kebijakan kesehatan berbasis data sekunder di DaSK, dan (3) analisis kebijakan. Kemudian telah dilaksanakan juga penyajian hasil sementara kegiatan penelitian kebijakan dalam forum nasional X Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia (JKKI) pada November 2020.

Dalam rangka menindaklanjuti rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, maka akan diadakan kegiatan penulisan artikel hasil penelitian kebijakan, analisis  kebijakan, dan policy brief sebagai langkah nyata dalam mendukung proses knowledge translation. Kegiatan ini menggunakan pendekatan blended learning  dan merupakan kolaborasi antara klinisi, akademisi dan pengamat kebijakan dalam melakukan penulisan kebijakan berbasis bukti. Proses penelitian, analisis kebijakan, dan penyusunan policy brief ini juga dapat menjadi tahapan awal bagi peneliti atau akademisi dalam melakukan perubahan atau perbaikan kebijakan kesehatan.

  Tujuan

  1. Menuangkan ide dan topik penelitian yang telah disusun pada saat pelatihan menjadi tulisan ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah kebijakan kesehatan.
  2. Menulis artikel penelitian kebijakan, analisis kebijakan, dan policy brief  untuk masalah stunting dan gizi masyarakat.
  3. Menggunakan data di Dashboard Sistem Kesehatan (DaSK) sebagai rujukan dalam proses penelitian kebijakan, analisis kebijakan, dan penyusunan policy brief.
  4. Membahas artikel yang akan ditulis bersama dan potensi artikel lainnya.
  5. Menyusun rencana publikasi hasil penulisan penelitian kebijakan, analisis kebijakan, dan policy brief  ke jurnal ilmiah kebijakan kesehatan.

Target Jurnal untuk Publikasi

  • Journal of Health Organization and Management (Q2)
  • Journal of Health Management (Q3)

  Hasil yang Diharapkan

  1. Didapatkan artikel penelitian kebijakan untuk masalah stunting dan gizi masyarakat untuk kemudian dipublikasikan di jurnal ilmiah tersebut di atas.
  2. Pemanfaatan data DaSK sebagai evidence based penulisan artikel penelitian kebijakan untuk masalah spesifik stunting dan gizi masyarakat.

  Peserta

  1. Tim inti Stunting dan Gizi masyarakat program DaSK-WHO
  2. Peserta pelatihan pengembangan kebijakan
  3. Mitra universitas, akademisi, peneliti kesehatan
  4. Pengelola program kesehatan di kabupaten/kota
  5. Pemerhati kebijakan dan program Stunting dan Gizi masyarakat

  Waktu Pelaksanaan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020 hingga Januari 2021

Aktivitas Desember 2020 Januari 2021
14-18 21-23 28-30 4-8 11-15 18-22 25-29
Identifikasi target jurnal kebijakan
Topik dan tujuan
Preliminary bibliography
Penyusunan outline
Pembuatan Proposal
Pengajuan Ethical Clearance
Penulisan artikel
Edit konten
Edit penulisan sesuai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI)
Proofread
Persiapan submit ke jurnal (termasuk penerjemahan)

 

  Narahubung 

Widy Hidayah
HP: +6282122637003
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.