xvideos spankbang watchfreepornsex foxporn pornsam pornfxx porn110

Kerangka Acuan Kegiatan Zoom Meeting

“Menuju Pergub DIY: Sebuah Pembelajaran dari Penelitian Tentang Skrining Penyakit Jantung Bawaan Pada Siswa Sekolah Dasar di Indonesia”

Kamis, 18 Februari 2021

   Latar Belakang

Penyakit kardiovaskuler merupakan salah satu penyumbang angka kematian dan Disability-Adjusted Life Years (DALYs) terbesar di Indonesia. Upaya di berbagai lini kesehatan telah dilakukan dalam rangka mengatasi permasalahan jantung, mulai dari tingkat layanan primer, kabupaten, provinsi, hingga nasional. Berbagai aktor kesehatan seperti klinisi, akademisi hingga analis kebijakan juga turut mengambil peran dalam upaya ini. Salah satunya yaitu dengan upaya pengembangan kebijakan berbasis bukti dan data. Upaya ini merupakan proses yang panjang yang memiliki banyak tahapan mulai dari penelitian untuk menghasilkan evidence hingga knowledge translation. Proses ini juga merupakan tahapan awal bagi peneliti atau akademisi dalam melakukan perubahan atau perbaikan kebijakan kesehatan.

Berawal dari kebutuhan di atas, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK UGM bersama dengan World Health Organization (WHO) mengembangkan Dashboard Sistem Kesehatan (DaSK) yang terdapat dalam website www.kebijakankesehatanindonesia.net sebagai sumber data sekunder. Data sekunder ini dapat digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi kebijakan kesehatan. PKMK FK-KMK UGM juga telah melaksanakan serangkaian aktivitas pelatihan untuk mendukung pengembangan kebijakan berbasis data dan bukti. Kemudian telah dilaksanakan juga penyajian hasil sementara kegiatan penelitian kebijakan pada forum nasional X Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia (JKKI).

Sebagai bentuk dukungan terhadap proses pengembangan kebijakan, perlu adanya diseminasi kegiatan yang dapat menginspirasi para aktor kesehatan lokal maupun nasional. Oleh karena itu, PKMK FK-KMK UGM akan menyelenggarakan kegiatan webinar bertema “Menuju pergub DIY: Sebuah pembelajaran dari penelitian tentang skrining penyakit jantung bawaan pada siswa sekolah dasar di Indonesia” yang berisi tentang kontribusi nyata para akademisi dan klinisi dalam proses pengembangan kebijakan kesehatan, khususnya masalah CVD di Provinsi Yogyakarta. Webinar ini merupakan salah satu langkah yang diharapkan dapat memberikan inspirasi untuk pihak-pihak terkait agar terus berkontribusi dalam pengembangan dan perbaikan kebijakan kesehatan di Indonesia.

   Tujuan

  1. Mendiseminasikan hasil penelitian tentang screening penyakit jantung bawaan pada anak sekolah dasar.
  2. Mengambil lessons learned dari proses penelitian tentang skrining penyakit jantung bawaan hingga perumusan draft kebijakan.
  3. Mendukung proses pembentukan dan pengembangan kebijakan di bidang CVD.
  4. Mengaplikasikan teori proses tahapan pengembangan kebijakan hingga advokasi kebijakan.

   Peserta

  1. Pengelola program kesehatan kabupaten/ kota, provinsi, dan nasional.
  2. Pengambil kebijakan kesehatan Indonesia: Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, dan lembaga pemerintah lainnya.
  3. Pengelola sarana pelayanan kesehatan: Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut (FKTL) milik pemerintah maupun swasta, balai kesehatan, dan sarana pelayanan kesehatan lainya.
  4. Perguruan tinggi: Dosen, peneliti, akademisi, dan mahasiswa.
  5. Pelaku Pelayanan Kesehatan: Tenaga kesehatan (dokter, perawat, bidan, ahli gizi, dll), organisasi profesi, asosiasi pelayanan kesehatan, lembaga asuransi/ pembiayaan kesehatan pemerintah dan swasta.
  6. Badan penelitian dan pengembangan di Indonesia dan LSM bidang kesehatan.

   Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada:
Hari, Tanggal : Kamis, 18 Februari 2021

   Agenda Kegiatan

Waktu (WIB) Kegiatan Pengisi/ PIC
10.00 - 10.05 Pembukaan MC
10.05 - 10.10

Pengantar kegiatan

video

Prof. Laksono Trisnantoro, MSc, PhD
10.10 - 10.30

Sesi 1

Research brief:
The screening of congenital heart disease by cardiac auscultation and 12-lead electrocardiogram among Indonesian elementary school students

materi   video

Pembicara:
Dr. dr. Lucia Kris Dinarti, Sp.PD, Sp.JP(K)

10.30 - 10.50

Sesi 2

Lesson learned: From research to policy development

materi   video

Pembicara:
Dr. dr. Lucia Kris Dinarti, Sp.PD, Sp.JP(K)

10.50 - 11.05

Sesi 3 -  Pembahasan

materi   video

Endang Pamungkasiwi, SKM, M.Kes
(Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi DIY)

11.05 - 11.40

Sesi 4 - Diskusi

video

Moderator:
Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH, M.Kes., MAS

11.40 - 11.45 Penutup MC

Reportase

 

   Narahubung:

Widy Hidayah
Tlp: +6282122637003
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.