Penjelasan Program

Pendaftaran Peserta

 

Pendaftaran


Peserta dapat melakukan:

  1. Pendaftaran hanya untuk mengikuti mini workshop dalam Blended Learning
  2. Pendaftaran hanya untuk mengikuti Serial Webinar (course)
  3. Pendaftaran untuk mengikuti mini workshop Blended Learning dan Serial Webinar (course)

Struktur Website

Website terdiri dari laman Home, laman Latar Belakang, laman Blended Learning, laman Serial Webinar (course). Website memiliki dua versi yaitu versi Bahasa Indonesia dan versi Bahasa Inggris. Pilihan Bahasa terdapat pada tombol atas di laman Home.

Laman Blended Learning memuat seluruh materi Blended Learning, sementara laman Serial Webinar (course) memuat jadwal sesi-sesi di dalam Serial Webinar.

Struktur Program Blended Learning.

Seluruh materi Blended Learning tersedia di laman Blended Learning, dan dapat diakses kapan pun selama proses belajar mandiri.

Belajar Mandiri

Secara keseluruhan terdapat 4 Modul di dalam program Blended Learning ini. Keempat modul ini dirancang untuk menjelaskan mengenai dua pemahaman utama dalam merancang Keterlibatan Sektor Swasta, yaitu (1) pemahaman mengenai kerangka keterlibatan sector swasta, dan (2) pemahaman mengenai sektor kesehatan secara keseluruhan.

Modul yang tersedia adalah:

  1. Section I : Kerangka Keterlibatan Sektor Swasta (Private Sector Engagement)
    1. Modul 1: Kerangka Keterlibatan Sektor Swasta.
      Modul ini menjelaskan mengenai kerangka dasar tentang mengapa perlu keterlibatan sector swasta, serta Langkah-langkah dalam keterlibatan sector swasta.
  2. Section II : Kajian Sektor Kesehatan
    Modul-modul yang tersedia di Section II adalah modul-modul yang memberikan arahan mengenai informasi apa yang harus dicari untuk dapat memiliki gambaran mengenai kebutuhan pemenuhan target sector Kesehatan
    1. Modul 2: Merakit informasi yang tersedia dengan mudah untuk mengidentifikasi permasalahan kesehatan yang mendesak
    2. Modul 3: Mengindentifikasi isu-isu kebijakan publik-swasta yang paling mendesak dan strategi potensial untuk mengatasinya.
    3. Modul 4: Memahami secara mendalam kajian untuk menginformasikan perubahan kebijakan yang memungkinkan keterlibatan sektor swasta

Laman Blended Learning memuat:

  1. Pengantar
  2. Modul
  3. Bahan Bacaan
  4. Powerpoint
  5. Tugas

Seluruh materi Bahan Bacaan dan Powerpoint dapat diunduh sehingga dapat dibaca dan dipelajari kapan pun sesuai keinginan peserta. Powerpoint yang disediakan di sini adalah powerpoint yang berasal dari beberapa narasumber internasional yang akan menyampaikan materinya pada tahap berikutnya, yaitu Serial Webinar (course). Dengan mempelajari powerpoint ini sebelumnya, peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri sebelumnya, sehingga telah memiliki pemahaman akan konsep-konsep yang akan dibahas pada Serial Webinar (course).


Struktur Program Serial Webinar (Course)

Setelah mengikuti kegiatan Blended Learning, peserta dapat memilih untuk melanjutkan ke Program Serial Webinar (Course). Untuk dapat mengikuti program Serial Webinar, peserta harus mendaftarkan diri dan membayar biaya pendaftaran. Pendaftaran dapat dilakukan pada link berikut klik di sini . Link untuk mengikuti webinar hanya akan diberikan kepada peserta yang telah melakukan pendaftaran dan membayar biaya registrasi.

Serial Webinar (course) akan berlangsung dalam Bahasa Inggris dalam bentuk webinar selama 2 jam, diselenggarakan setiap hari Rabu, seminggu sekali. Setiap webinar akan terdiri dari 2 sesi/topik dan sesi diskusi/tanya jawab. Program serial webinar akan berlangsung dari pertengahan bulan Agustus hingga pertengahan bulan Oktober.

Pada sesi-sesi awal, serial webinar akan secara ringkas memberikan penjelasan mengenai Kerangka Keterlibatan Sektor Swasta dan juga cara melakukan Kajian Sektor Kesehatan. Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua peserta dalam Serial Webinar mungkin mengikuti program Blended Learning yang mendahuluinya. Sesi-sesi awal juga akan memberikan penjelasan berdasarkan contoh-contoh global mengenai berbagai tantangan di sector Kesehatan sehingga memerlukan keterlibatan sector swasta.

Namun, pada sesi-sesi selanjutnya,serial webinar akan menjelaskan lebih mendalam mengenai dua pemahaman lanjutan yang ada di dalam kerangka Keterlibatan Sektor Swasta, yaitu mengenai konsep Integrated Care dan berbagai pilihan strategi keterlibatan sector swasta. Masing-masing pilihan strategi akan dibahas dalam sesi tersendiri. Beberapa konsep dari strategi kunci akan telah tersedia dalam bentuk powerpoint yang peserta dapat lihat Kembali di laman Blended Learning. Namun beberapa strategi kunci lainnya baru akan disampaikan selama program serial webinar.

Apabila peserta tidak dapat mengikuti Serial Webinar secara live, peserta dapat mengakses rekaman dari webinar tersebut. Rekaman tersebut akan tersedia di laman Serial Webinar 24 jam setelah sesi berlangsung, dan peserta harus melakukan login untuk membuka rekaman tersebut. Rekaman tidak dapat diunduh.

Peserta juga dapat membuka powerpoint yang digunakan dalam sesi webinar tersebut. Powerpoint akan tersedia di laman Serial Webinar 24 jam setelah sesi berlangsung. Powerpoint dapat diunduh.

Selama sesi webinar berlangsung, peserta dapat mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber, atau dapat menuliskan pertanyaannya di kolom 'chat' yang tersedia. Pertanyaan tertulis yang belum terjawab selama webinar berlangsung akan dikirimkan kepada narasumber untuk dijawab secara tertulis dan diunggah ke laman Serial Webinar (course).

 

Organized by:

Asia-Pacific Network for Health
Systems Strengthening (ANHSS),
The Center for Health Policy and Management, Faculty of Medicine, Public Health and Nursing
(CHPM-FMPHN) Universitas Gadjah Mada

More Info

Megarini Sulistyo

Email: eg4_eg4@yahoo.com
Mobile +62 818996974

Search