Penelusuran Universal Health Coverage: Laporan Pertama Monitoring secara Global

Prioritas untuk mencapai UHC: Salah satu tantangan yang dihadapi dalam mendukung reformasi UHC adalah adanya berbagai persepsi dari pengambil kebijakan yang menganggap UHC sebatas konsep, dan hanya berfokus pada kemajuan unquantifiable. Pada edisi ini, terdapat laporan tentang penelusuran UHC pertama secara global untuk menjawab tantangan di atas. Sebagian besar negara telah menghasilkan data pembanding yang kredibel untuk pelayanan kesehatan dan cakupan perlindungan keuangan. Meskipun data mengenai penyakit menular dan kualitas pada pelayanan kesehatan masyarakat tidak banyak diketahui. Definisi UHC secara luas mengandung pengertian bahwa semua orang menerima layanan yang dibutuhkan, tanpa menemui kesulitan dalam keuangan. UHC melibatkan tiga dimensi cakupan yaitu pelayanan kesehatan, perlindungan keuangan, dan populasi. Seluruh hal tersebut merupakan proses berkesinambungan yang dinamis dalam menanggapi perubahan pergeseran tren demografi, epidemiologi dan teknologi, serta harapan masyarakat.

Indikator Penelusuran pelayanan kesehatan: Laporan ini menyajikan situasi global dan regional yang berkaitan dengan penelusuran delapan indikator cakupan pelayanan kesehatan untuk: kesehatan reproduksi dan bayi baru lahir (keluarga berencana, pelayanan antenatal, persalinan oleh tenaga kesehatan); imunisasi anak (tiga dosis vaksin untuk difteri, tetanus dan pertusis (DTP)); penyakit menular (pengobatan untuk terapi antiretroviral (ART), tuberkulosis (TB)); dan penentu untuk sektor non-kesehatan (peningkatan sumber air dan fasilitas sanitasi). Indikator yang dipilih merupakan intervensi kesehatan untuk individu. Hal ini seharusnya memberikan manfaat untuk setiap negara, tidak terikat hanya untuk negara berkembang, keadaan epidemiologi tertentu, dan jenis sistem kesehatan yang dimiliki. Alasannya adalah ketersediaan data tersebut untuk sebagian besar negara. Hal ini ditunjukkan dengan adanya data yang beragam. Di satu sisi banyak orang memiliki akses ke layanan kesehatan yang penting. Dalam beberapa kasus, cakupan populasi global telah mencapai batas minimum yaitu 80% seperti yang diusulkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) / Bank Dunia dalam kerangka monitoring global.

Langkah ke depan: Terlepas dari masih adanya ketidakadilan dalam akses ke pelayanan kesehatan (kurang lebih 400 juta orang tidak memperoleh satu dari tujuh pelayanan kesehatan esensial) dan tingkat kemiskinan yang relatif tinggi disebabkan oleh pengeluaran kesehatan, terlihat bahwa kemajuan UHC merupakan realitas. Faktanya, ini merupakan aspek-aspek kunci dari realitas yang terukur. Laporan monitoring global pertama ini untuk menelusuri kemajuan UHC. Laporan ini merupakan penelusuran yang menggunakan indikator utama atau reomendasi kerangka monitoring WHO/ Grup UHC Bank Dunia. Penelusuran ini membuka kemungkinan untuk melacak kemajuan terhadap cakupan aspek perlindungan keuangan dan cakupan pelayanan kesehatan yang tidak hanya untuk populasi secara keseluruhan, tetapi untuk subpopulasi kritis seperti masyarakat yang hidup di daerah pedesaan dan masyarakat miskin.

Kata kunci: Universal Health Coverage (UHC); Pelayanan Kesehatan; Pembiayaan Kesehatan; Akses Pelayanan Kesehatan; Biaya Pengobatan; Program Evaluasi; Kesehatan Global

Untuk Link Download Buku sebagai berikut:

klik disini

Comments are now closed for this entry