Kesimpulan Diskusi dari Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK UGM

Secara keseluruhan penyaji (Anjari Umarjianto) menyatakan bahwa Menteri Kesehatan yang baru sebaiknya kompeten dalam mengelola sistem Jaminan Kesehatan Nasional. Di sisi lain para pembahas menekankan mengenai kenyataan bahwa Menteri Kesehatan merupakan jabatan politis yang tentunya ditentukan oleh Presiden terpilih. Berdasarkan masukan pembahas, diharapkan Menteri Kesehatan mendatang sebaiknya:

  1. Mempunyai kompetensi yang normative seperti layaknya seorang Menteri di kabinet;
  2. Kompeten dalam memadukan kesehatan masyarakat dan kesehatan perorangan menjadi sebuah gerakan yang sinergi dan saling membantu;
  3. Kompeten dalam memimpin Kementerian Kesehatan sebagai kementerian yang mampu mempengaruhi berbagai lembaga negara lain (termasuk DPR), pemerintah daerah, dan masyarakat untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat;
  4. Mempunyai sifat "mendengarkan" dan menggunakan berbagai bukti ilmiah dalam menetapkan keputusan besar dan strategis seperti Jaminan Kesehatan Nasional dan segala peraturannya.

Mengenai asal usul Menteri Kesehatan, dalam diskusi dibahas bahwa tidak masalah berasal dari partai politik, perguruan tinggi, birokrasi pemerintah, kalangan swasta, ataupun dari militer. Sebagai konsekuensi bahwa Menteri Kesehatan merupakan jabatan politis, maka harus ada penyeimbang dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan.

Untuk penyeimbangan, diperlukan peran perguruan tinggi dan lembaga riset independen yang mampu mengkritisi dan memberi masukan konstruktif untuk kebijakan Menteri Kesehatan dan kebijakan pemerintah baru dalam hal kesehatan. Dengan keseimbangan yang baik, pengalaman buruk di masa lalu dimana bukti ilmiah tidak banyak dipergunakan dalam keputusan Menteri Kesehatan, diharapkan dapat berkurang. Oleh karena itu diharapkan sebagian akademisi tetap berada di perguruan tinggi untuk menjadi mitra penyeimbang kekuasaan pemerintah.

Silahkan memberi komentar:

Comments  

# Elvy Effendie 2014-08-20 07:08
Sebaiknya praktisi saja lah. Kalau dari parpol saat pileg maupun pilpres nanti ijin/cuti kampanye. Kan repot jadinya
Reply
# ISMUHAR 2014-08-27 03:27
Sebaiknya MenKes dari kalangan AKADEMISI karena masalah kesehatan di indonesia tidak terlepas dari pola hidup dan tingkat pendidikan. sehingga diharapkan seorang Menkes mampu membuat dan menjalankan program yang tepat dan cepat, bukan hanya mengandalkan staf ahli selalu.
Reply
# Ririn Pakaya 2014-09-02 04:48
Siapapun yang akan menjadi seorang Menteri kesehatan dan melayani masyarakat seharusnya bisa menjalankan prinsip good governance terlebih lagi pada proses pembiayaan kesehatan agar bisa menyetarakan pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat. akademisi, praktisi, politisi dll adalah orang yang telah profesional dalam hal pemecahan masalah kesehatan, sehingganya kita hanya perlu bukti nyata dalam menjalankan prinsip-prinsip good governance tersebut.
Reply
# wildanul hakim 2014-09-02 07:22
lebih baik lagi kalau diisi oleh alumni Public Health
Reply
# wira iqbal 2014-09-18 02:30
akan lebih baik jika dari akademisi< karena akan lebih independent
Reply

Add comment

Security code
Refresh