xvideos spankbang watchfreepornsex foxporn pornsam pornfxx porn110

KERANGKA ACUAN
Pendidikan Kesehatan

dalam

FORUM NASIONAL V JARINGAN KEBIJAKAN KESEHATAN

Sub Tema :

"Peluang dan Tantangan Pendidikan Tenaga Kesehatan
dalam menghadapi Era Jaminan Kesehatan Nasional "

Hotel Trans, Bandung
25 September 2014

  PENDAHULUAN

Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah suatu program yang bertujuan untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi setiap rakyat Indonesia untuk dapat hidup sehat, produktif dan sejahtera. Pendidikan tenaga kesehatan dilaksanakan dengan memanfaatkan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan untuk memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa menerapkan pengetahuan dan keterampilan serta perilaku sesuai profesinya. Sistem JKN melibatkan rujukan kesehatan berjenjang, sehingga mau tidak mau akan memberikan dampak terhadap pendidikan tenaga kesehatan. Pendidikan tenaga kesehatan selama ini dilaksanakan terutama pada unit pelayanan kesehatan tersier yang terutama berada di kota besar. Dengan penerapan JKN ini maka pendidikan tenaga kesehatan perlu melakukan penyesuaian agar pendidikan dapat berjalan dengan lancar dan kompetensi mahasiswa dapat tercapai. Pendidikan tenaga kesehatan tidak bisa terlepas dari sistem kesehatan yang dilaksanakan di negara tersebut serta didukung oleh peraturan dan kebijakan pemerintah yang mendukung. Dengan penerapan JKN ini maka institusi pendidikan diharapkan memperhatikan dan mengantisipasi sistem yang diterapkan sehingga tidak terlalu memengaruhi pendidikan yang dilaksanakan.

Pada forum ini berbagai perubahan ataupun hasil penelitian yang dilakukan pada berbagai institusi pendidikan terutama yang terkait dengan penerapan JKN akan dibahas. Penelitian tersebut juga akan dibahas oleh pengandil kebijakan yaitu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Nasional Pendidikan dan Kebudayaan sehingga pendidikan yang dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan kebijakan pemerintah serta sesuai dengan kaidah dan prinsip pendidikan pada tenaga kesehatan.

Dengan dilaksanakannya forum ini diharapkan dapat membuka peluang dan kerjasama antara institusi pendidikan untuk melakukan perubahan proses pendidikan yang dilaksanakan.

 

  TUJUAN

  1. Membahas bagaimana pengaruh penerapan UU SJSN dan BPJS terhadap pendidikan tenaga kesehatan
  2. Membahas peluang dan tantangan yang dihadapi institusi pendidikan tenaga kesehatan dalam era JKN
  3. Membahas perubahan yang dilakukan institusi pendidikan tenaga kesehatan dalam era JKN

Narasumber

  1. Prof. Dr. Danny Hilmanto,dr, SpAK: Pengalaman FK Unpad dalam melaksanakan pendidikan yang berbasiskan sistem kesehatan pada era JKN
  2. Dekan FIK Unpad: Pengalaman Fakultas Ilmu Keperawatan dalam pelaksanaan pendidikan pada era JKN

Pembahas:

  1. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan

 

  Waktu Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan Forum Nasional V Jaringan Kebijakan Kesehatan.

Hari/tanggal Seminar         : Rabu – Kamis, 24 – 25 September 2014.
Tempat  : Hotel Trans Luxury Bandung

 


  PESERTA

Forum ini mengundang para para pengambil kebijakan, akademisi (dosen, staf pengajar), peneliti, praktisi kebijakan kesehatan, atau semua pihak yang tertarik dengan pendidikan tenaga kesehatan untuk mengikuti kegiatan ini.