Panel Session Title:
Single-Payer Systems in a Multi-Payer World:
Is There a Role for Parallel Private Finance?


 

11jul-1

 

  Deskripsi Sesi

Negara-negara di dunia saat ini menghadapi tantangan baru yaitu peningkatan kebutuhan pendanaan kesehatan yang harus dibayarkan untuk menutupi tantangan peningkatan kebutuhan pelayanan kesehatan. Tetapi hal tersebut masih terkendala akibat terbatasnya sumber daya yang ada. Kebutuhan akan tersedianya pelayanan kesehatan yang semakin cepat, merupakan kebutuhan baru masyarakat di negara negara maju saat ini. Terkait dengan asuransi, pertimbangan waktu untuk segera mendapatkan pelayanan, merupakan hal penting dalam sistem kesehatan yang modern. Beberapa negara seperti Australia dan Irlandia, telah mencoba menggabungkan model pelayanan sistem asuransi kesehatan swasta, untuk diterapkan kepada asuransi kesehatan modern. Hal ini dilakukan untuk menghindari ketidaktertarikan orang untuk menggunakan asuransi sosial, karena masalah waktu mendapatkan pelayanan. Selama ini ada anggapan bahwa hanya manfaat dari sistem asuransi saja yang menjadi daya tarik seseorang untuk memiliki asuransi. Namun kebutuhan akan mendapatkan waktu pelayanan yang cepat merupakan syarat yang tidak boleh diabaikan. Australia dan Irlandia, sudah mencoba menerapkan hal ini, dan ternyata siginifikansi orang untuk tertarik "membeli" asuransi menjadi lebih tinggi. Seperti yang terjadi di Kanada, dimana sedang diberlakukan sistem asuransi tunggal, maka hal ini menjadi syarat penting dan harus. Mengingat benefit yang diterima dari asuransi pemerintah dan asuransi swasta relatif tidak sama. Butuh suatu usaha keras dari pemberi layanan asuransi untuk menjadikan satu bentuk sistem asuransi yang terpadu. Pada sesi ini dipaparkan beberapa hasil kajian dari Amerika Serikat, Kanada, Australia, Irlandia dan Taiwan. Pelajaran yang diperoleh dari penggabungan sistem ini adalah diperlukannya suatu integralitas sistem yang ada, baik model pembayaran, nilai premi, manfaat yang diperoleh, kualitas dan waktu untuk mendapatkan pelayanan. Disisi lain penghitungan jumlah premi yang tepat juga merupakan hal penting untuk dapat mendapatkan angka kebutuhan sumber dana yang tepat.

  Relevansi untuk Indonesia

Akan diberlakukannya Sistem Jaminan Kesehatan Nasional melalui BPJS, model single payer ini perlu dipelajari secara serius, mengingat masih banyak sistem asuransi (multi-payer dan multi player) yang ada. Bagaimana sistem single payer ini akan benar benar menjamin tercukupinya kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan harus benar benar diperhatikan. Masyarakat sudah membuktikan bahwa pelayanan Asuransi Swasta masih lebih unggul. Dalam hal ini, pemerintah harus bisa bekerja sama dengan mengintegrasikan beberapa keuntungan yang diperoleh masyarakat dari asuransi swasta. Harga (premi), kualitas (pelayanan asuransi), waktu (mendapatkan pelayanan dan administrasi) serta manfaat, merupakan hal penting untuk mencapai tujuan memenuhi kebutuhan pembiayaan kesehatan masyarakat dengan efisiensi sumberdaya yang ada.

11jul-2Countries around the world continue to face challenges associated with rising health care expenditures and competing demands for limited resources, long wait times for care, and citizens who expect more from their health care system. In response, some countries, including Australia and Ireland, have experimented with systems of parallel private finance that offers citizens faster access to health care services for a price (including those covered through publicly-funded insurance), with suggestions by some that this can alleviate pressure on the publicly-funded system. Some single payer countries, like Canada, are facing pressure to follow suit and add a parallel private tier. What can single-payer health care systems learn from the experiences of their multi-payer counterparts? What can multi-payer health care systems learn from their single-payer counterparts? What does the research evidence say about the impact of parallel private finance on key measures like access, costs, physician behavior and citizen satisfaction? This panel of experts from Australia, Ireland, Canada, the United States, the United Kingdom and Taiwan will present the latest evidence on the positive and negative effects of parallel private finance and options for health system sustainability.

Sesi ini dibahas oleh 6 Panelis (abstrak bisa dilihat masing-masing panelis):

11jul-3

  1. Panelist: Elizabeth Savage
    Presenter: Elizabeth Savage (University of Technology, Sydney. UTS Business School)
     
  2. Panelist: Jerry Hurley
    Presenter: Jerry Hurley (McMaster University. Department of Economics)
     
  3. Panelist: Peter Smith
    Presenter: Peter Smith (Imperial College)

11jul-4

  1. Panelist: Charles Normand
    Presenter: Charles Normand (Trinity College Dublin)
     
  2. Panelist: Jim Burgess
    Presenter: Jim Burgess (Boston University. School of Public Health)
     
  3. Panelist: Rachel Lu
    Presenter: Rachel Lu (Chang Gung University. College of Management)

Ditulis oleh: Deni Harbianto